Seberapa Penting Ponsel Ber-NFC di Indonesia?

Kompas.com - 22/07/2019, 11:24 WIB
Ilustrasi NFC.Istimewa Ilustrasi NFC.

KOMPAS.com - "Ada yang hp-nya support NFC enggak?", tanyaku pada beberapa teman, saat kami buka puasa bersama bulan Ramadhan lalu di Solo.

Niat hati ingin mengecek saldo e-money untuk memastikan tetap terisi saat kembali ke Jakarta, karena mengandalkan commuter line untuk bepergian jarak jauh.

"Apa itu NFC?", sahut seorang teman.

Agak sulit menjelaskan secara singkat apa itu NFC, apalagi bagi pengguna di kota-kota non-metropolitan, seperti Solo, di mana fasilitas yang memanfaatkan NFC juga tidak sebanyak di Jakarta.

Near Field Communications

NFC alias "Near Field Communication" adalah salah satu fitur yang memungkinkan komunikasi pertukaran data dari jarak dekat, mulai dari bertukar file seperti kontak nama, foto/video/dokumen antar ponsel, hingga ke transaksi pembayaran elektronik.

Ia bisa menghubungkan dua perangkat yang saling kompatibel, di mana satu bertindak sebagai transmitter dan satu lagi sebagai penangkap sinyal.

Baca juga: Daftar Ponsel Ber-NFC yang Beredar di Indonesia

Di kota-kota besar, manfaat NFC memang lebih terasa. Terutama untuk pembayaran cashless ( non-tunai) yang masih menggunakan kartu fisik. Paling sering, NFC digunakan untuk mempermudah pengisian saldo (top-up) kartu elektronik, seperti e-money maupun e-toll.

"Sering sih, malah bisa dibilang setiap saat. Karena saya bisa ngisi itu di mobil dan dimana-mana," kata Desmal Andi, salah satu pengamat gadget yang mengaku ketergantungan dengan NFC.

Berkat NFC, ia bisa lebih hemat waktu saat diperjalanan, tanpa harus berhenti di ATM atau mini market untuk isi ulang saldo e-money atau e-toll. Terutama saat musim mudik lalu, di mana ia harus melewati tol Trans Jawa yang mewajibkan penggunanya menggunakan e-toll untuk transaksi.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X