Daftar Ponsel Ber-NFC yang Beredar di Indonesia

Kompas.com - 22/07/2019, 13:12 WIB
Ilustrasi NFC ShutterstockIlustrasi NFC

KOMPAS.com - Smartphone masa kini semakin diperkaya beragam fitur. Tujuannya tak lain untuk mempermudah aktivitas sehari-hari para penggunanya.

Salah satu fitur yang menjadi pertimbangan adalah teknologi Near Field Communications atau NFC. Namanya memang masih belum sepopuler bluetooth atau koneksi nirkabel jarak dekat lainnya.

Tapi kegunaan NFC sudah mulai banyak dibutuhkan, selain untuk bertukar file antar-ponsel, NFC juga bisa dipakai untuk transaksi non-tunai, seperti e-money atau e-toll. Namun, populasi smartphone ber-NFC di Indonesia masih belum banyak.

Kebanyakan, fitur NFC hadir di ponsel kelas menengah dengan rentang harga Rp 5 jutaan. Kendati demikian, ada beberapa vendor smartphone yang menyematkan fitur NFC di ponsel harga Rp 2 jutaan.

Baca juga: Apa Itu NFC di Smartphone dan Kegunaannya

KompasTekno telah merangkum deretan smartphone baru yang sudah dibekali NFC, dan pastinya dijual resmi di Indonesia. Samsung mendominasi daftar ponsel ber-NFC ini, khususnya untuk seri flagship. 

Selain Samsung, ada pula merek Oppo, Huawei, dan Asus yang juga menjual ponsel ber-NFC di Indonesia.

Jika ponsel-ponsel flagship harganya kurang terjangkau, Anda masih bisa mempertimbangkan Nokia sebagai alternatif. HMD Global menyertakan fitur NFC di ponsel Nokia, dan dijual dengan harga terjangkau.

Berikut adalah daftar ponsel ber-NFC yang dijual resmi di Indonesia.

1. Samsung Galaxy A9

Tampilan empat kamera belakang Galaxy A9. Sensor utama 24 megapiksel, f/1.7, sensor kedua beresolusi 10 megapiksel, f/2.4 sebagai lensa telephoto, sensor ketiga memiliki resolusi 8 megapiksel, f/2.4 dengan lensa ultra-wide angle, kamera terakhir beresolusi 5 megapiksel, f/2.2 sebagai lensa depth.Wahyunanda Kusuma/KOMPAS.com Tampilan empat kamera belakang Galaxy A9. Sensor utama 24 megapiksel, f/1.7, sensor kedua beresolusi 10 megapiksel, f/2.4 sebagai lensa telephoto, sensor ketiga memiliki resolusi 8 megapiksel, f/2.4 dengan lensa ultra-wide angle, kamera terakhir beresolusi 5 megapiksel, f/2.2 sebagai lensa depth.

Samsung Galaxy A9 diluncurkan akhir 2018 lalu. Ponsel ini dibekali layar 6,3 inci. Ini adalah ponsel empat kamera belakang Samsung, di mana masing-masing kamera beresolusi 24 megapiksel, 10 megapiksel telefoto, 8 megapiksel ultra-wide, 5 megapiksel depth sensor.

Sementara di sisi depan tertera kamera tunggal beresolusi 24 megapiksel. Di sektor dapur pacu, Galaxy A9 mengandalkan Snapdragon 660 yang dipadu dengan RAM 6 GB dan 8 GB, serta memori internal 512 GB. Baterai Samsung Galaxy A9 berkapasitas 3.800 mAh.

Samsung Galaxy A9 dijual dengan harga Rp 8 jutaan di Indonesia.

2. Samsung Galaxy S9 dan Galaxy 9 Plus

Galaxy S9 (kiri) dan Galaxy S9+ memiliki perbedaan dari sisi ukuran layar, kamera, besar RAM dan memori.Fatimah Kartini Bohang/KOMPAS.com Galaxy S9 (kiri) dan Galaxy S9+ memiliki perbedaan dari sisi ukuran layar, kamera, besar RAM dan memori.

Duo Galaxy S9 series ini dirilis Februari 2018. Dari segi spesifikasi, perbedaan keduanya tidak terlalu jauh. Galaxy S9 dibekali layar 5,8 inci. Hanya ada satu kamera di belakang dengan resolusi 12 megapiksel. Sementara kamera depan beresolusi 8 megapiksel.

Galaxy S9 ditenagai chip Exynos 9810 dipadu dengan RAM 4 GB dan internal 64 GB. Baterainya berkapasitas 3.000 mAh.

Sementara Galaxy S9 Plus memiliki layar lebih besar yakni 6,2 inci. Kamera ganda di belakang memiliki resolulsi masing-masing 12 megapiksel wide angel dan 12 megapiksel telefoto.

Begitu pula kamera depan yang terdiri dari dua sensor, masing-masing beresolusi 16 megapiksel dan 8 megapiksel.

Chipset-nya masih sama dengan Galaxy S9, hanya saja memorinya lebih besar, yakni RAM 6 GB dan penyimpanan internal 64 GB. Kapasitas baterainya juga lebih besar, yakni 3.500 mAh.

Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus dijual dengan harga Rp 11 dan Rp 14 jutaan di Indonesia saat pertama meluncur.

3. Samsung Galaxy Note 9

Samsung Galaxy Note 9Fatimah Kartini Bohang/Kompas.com Samsung Galaxy Note 9

Ponsel ini meluncur di Indonesia pertengahan 2018. Seperti ponsel di segmen flagship kebanyakan, ponsel ini juga turut dibekali fitur NFC.

Galaxy Note 9 memiliki bentang layar 6,4 inci. Disokong kamera ganda di belakang, beresolusi masing-masing 12 megapiksel, sementara kamera depan beresolusi 8 megapiksel. Ponsel ini ditenagai chip Exynos 9819 dan baterainya berkapasitas 4.000 mAh. 

Samsung Galaxy Note 9 dijual dengan harga Rp 13 jutaan di Indonesia, saat peluncuran.

4. Galaxy S10e, Galaxy S10, dan Galaxy S10 Plus

Galaxy S10 Plus (kiri), Galaxy S10 (tengah), dan Galaxy S10e warian warna putih.
KOMPAS.com/ OIK YUSUF Galaxy S10 Plus (kiri), Galaxy S10 (tengah), dan Galaxy S10e warian warna putih.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X