Filosofi di Balik Logo Baru Gojek yang Bernama "Solv"

Kompas.com - 22/07/2019, 14:27 WIB
Ilustrasi driver Gojek dengan helm dan jaket berlogo baruGojek Ilustrasi driver Gojek dengan helm dan jaket berlogo baru

KOMPAS.com - Startup ride-hailing asal Indonesia, Gojek, awal pekan ini secara resmi memperkenalkan logo barunya yang diberi nama " Solv".

Di dalam sebuah posting blog, Gojek menerangkan bahwa logo anyar tersebut merupakan simbol dari berbagai solusi yang disediakan oleh layanannya.

Nama Solv sendiri diambil dari kata bahasa Inggris "Solve" yang berarti memecahkan masalah. Desainnya disebut unik, mudah diingat oleh pengguna, dan lebih fleksibel dibanding logo sebelumnya.

Baca juga: Logo Baru Gojek Tampil Lebih Segar

"Fleksibel" di sini berarti bisa dipakai dalam ukuran besar maupun kecil dan tetap dapat dilihat dengan mudah.

Desain logo sebelumnya disebut Gojek sulit untuk dilihat jika menempel kecil di atribut-atribut mitra pengemudi. Inilah yang kemudian menjadi salah satu alasan mengapa Gojek merombak logonya.

Solv tampil dengan logo lingkaran tidak sempurna dengan titik (dot) di bagian tengahnya. Tulisan Gojek menggunakan huruf kecil warna putih, dan tanpa tanda hubung (Gojek, bukan Go-Jek). Secara keseluruhan, logo baru Gojek mempertahankan warna dasar hijau.

Filosofi logo Solv

Ilustrasi logo baru Gojek, SolvGojek Ilustrasi logo baru Gojek, Solv

Solv ternyata juga menyimpan filosofi di balik kesan yang ditimbulkan ketika melihatnya. Kesan ini bisa berbeda-beda. Sebagian orang menangkap kesan bentuk tombol daya alias power, sejalan dengan misi Gojek memberdayakan masyarakat (empowering).

Sebagian lain melihat Solv serupa ikon kaca pembesar yang umum digunakan dalam fungsi pencarian (search). Ini pun sejalan dengan Gojek dalam memenuhi kebutuhan yang banyak dicari, mulai dari transportasi hingga makanan.

Lalu ada juga kesan menyerupai titik penanda (pin) di dalam aplikasi peta digital yang menandakan Gojek hadir di mana pun pengguna berada.

Baca juga: Gojek Beli "Startup" Pencari Pengembang Aplikasi Asal India

Terakhir, logo tersebut merupakan representasi dari mitra pengemudi (driver) Gojek itu sendiri yang setia melayani pengguna. Jika dilihat dari atas, gambar titik (dot)  merepresentasikan sang driver dan lingkaran yang mengelilinginya merupakan kendaraan driver tersebut.  

Selain memiliki filosofi yang sejalan dengan misi Gojek, Solv bisa memiliki sejumlah warna berbeda berdasarkan jenis layanan yang ditawarkan Gojek, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Blog Gojek, Senin (22/7/2019).

Warna tersebut mencakup hijau (transportasi), merah (makanan), biru (pembayaran), violet (hiburan), oranye (kebutuhan sehari-hari), dan ungu pekat (bisnis).

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X