Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Lebih Murah, Keamanan Lenovo ThinkBook Diklaim Setara ThinkPad

Kompas.com - 22/07/2019, 16:24 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Lenovo baru saja meluncurkan lini baru laptopnya, ThinkBook, di pasaran Indonesia. Duo laptop ThinkBook 13S dan 14S yang termasuk dalam seri ini memiliki fitur keamanan tingkat tinggi yang diklaim setara dengan lini high-end ThinkPad.

Namun, banderol yang ditawarkan duo ThinkBook lebih murah dibanding ThinkPad yang dijual seharga Rp 18 jutaan hingga lebih dari 20 jutaan.

"Dari sisi keamanan sama, bedanya Thinkbook lebih stylish," jawab Inti Harsono, 4P SMB, Lenovo Indonesia, dalam acara peluncuran ThinkBook di Jakarta, Senin (22/7/2019).

Baca juga: Lenovo Boyong Laptop "Rasa Thinkpad" ThinkBook ke Indonesia

Lini laptop ThinkPad yang duduk di puncak hierarki laptop Lenovo memang terkenal dengan desain yang “serius” dengan garis-garis kaku, menegaskan posisinya sebagai laptop kantoran untuk profesional. Sementara, tampilan laptop ThinkBook lebih mainstream dan casual.

Tampak depan Lenovo ThinkBook 13S.Kompas.com/Wahyunanda Kusuma Pertiwi Tampak depan Lenovo ThinkBook 13S.

Beberapa fitur keamanan ala ThinkPad yang disematkan di ThinkBook misalnya Single-step authentication atau sensor sidik jari yang juga melekat di tombol daya. Kemudian ada chip TPM 2.0 untuk mengaktifkan fitur keamanan Windows 10 dan enkripsi data pengguna.

Di bagian webcam, ThinkBook juga menyediakan opsi penutup kamera fisik (ThinkSutter) demi meningkatkan pelindungan privasi pengguna.

Baca juga: Lenovo Indonesia Luncurkan 4 Laptop ThinkPad Terbaru

ThinkBook tersedia dalam dua model yaitu 13 inci (13S) dan 14 inci (14S). Keduanya berbodi ramping serta ringan dengam bobot masing-masing 1,4 kg dan 1,5 kg.

Lenovo memasarkan ThinkBook 13S seharga Rp 16 jutaan di Indonesia. Penjualannya akan dimulai Agustus mendatang di sejumlah e-commerce. Banderol dan jadwal ketersediaan untuk ThinkBook 14S masih belum diumumkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com