Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Huawei Mate 30 Bakal Dibekali "Lensa Sinema"?

Kompas.com - 22/07/2019, 17:18 WIB
Yudha Pratomo,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.comHuawei agaknya sedang berupaya menelurkan terobosan lain di bidang fotografi dan videografi ponsel. Pabrikan China ini belakangan diketahui mematenkan dua fitur terkait kemampuan video untuk ponsel, yakni "Cine-Lens" dan "Camera Matrix".

Keduanya dipatenkan melalui Kantor Kekayaan Intelektual Uni Eropa (EUIPO). Hak atas Cine-Lens dan Camera Matrix tercatat sudah diberikan kepada Huawei pada 17 Juli lalu.

Keberadaan paten ini mengemuka menjelang kemunculan flagship baru Huawei, Mate 30, yang disinyalir akan meluncur pada Oktober mendatang. Karena itu beredar spekukasi bahwa Cine-Lens dan Camera Matrix akan hadir di ponsel tersebut.

Baca juga: Bocoran Terbaru Huawei Mate 30, Masih Ada "Poni" di Layar

Cine-Lens dideskripsikan di dalam dokumen patensebagai lensa optik yang digunakan sebagai "fotografi sinema, untuk merekam, memproduksi dan memproses suara, gambar dan data". Belum jelas seperti apa nanti implementasinya di ponsel Huawei.

Di dunia videografi, lensa sinema dikenal memiliki kualitas secara keseluruhan lebih tinggi dibandingkan lensa foto. Tingkat transmisi cahayanya dihitung berdasarkan pengukuran yang sebenarnya (T-Stop), bukan angka teoritis berdasar bukaan diafragma lensa (F-Stop).

Ilustrasi render Huawei Mate 30 ProPlayfuldroid Ilustrasi render Huawei Mate 30 Pro

Kualitas konstruksi lensa sinema secara umum juga lebih bagus dengan gerakan fokus yang lebih halus dibanding lensa untuk fotografi. Sebab itu, lensa sinema harganya bisa jauh lebih mahal.

Sementara itu, paten kedua, yakni "Camera Matrix", agaknya dibuat sebagai nama resmi untuk tata letak kamera pada perangkat Mate 30 Pro yang konon akan disusun dalam modul berbentuk persegi.

Baca juga: Bocoran Tampang Huawei Mate 30 dengan Empat Kamera di Wadah Bundar

Dalam istilah matematika, "matrix" sendiri merupakan sebuah posisi di mana angka disusun dalam sebuah baris dan kolom, seperti dirangkum KompasTekno dari LetsGoDigital, Senin (22/7/2019),

Kendati demikian, belum diketahui berapa jumlah kamera yang akan diusung pada Mate 30 Pro. Sejumlah bocoran yang beredar di dunia maya menyebutkan bahwa Mate 30 Pro bakal membawa setidaknya empat atau lima kamera.

Kamera zoom periskop 5x yang sebelumnya hadir di P30 Pro disinyalir akan absen pada Mate 30 Pro. Alasannya mungkin agar kamera periskop ini tetap menjadi nilai jual utama pada seri P30.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com