Spesifikasi Lengkap dan Harga Laptop Lenovo ThinkBook di Indonesia

Kompas.com - 22/07/2019, 18:09 WIB
Tampak depan Lenovo ThinkBook 13S. Kompas.com/Wahyunanda Kusuma PertiwiTampak depan Lenovo ThinkBook 13S.

JAKARTA, KOMPAS.com - ThinkBook resmi meramaikan segmen laptop semi premiumIndonesia setelah diluncurkan di Jakarta, Senin (22/7/2019). Model yang ditelurkan terdiri dari ThinkBook 13S (13 inci) dan 14S (14 inci).

Seri laptop seharga Rp 16 jutaan ini menyasar para pekerja muda dan pengusaha pemula. Dari segi desain, laptop ini memang terbilang stylish. Cangkangnya terbuat dari bahan alumunium yang lebih ringan dan lebih elegan dipandang.

Menariknya, ThinkBook membawa desain lay-flat atau bodi laptop yang bisa dibentangkan hingga 180 derajat.

Baca juga: Lenovo Boyong Laptop "Rasa Thinkpad" ThinkBook ke Indonesia

Untuk dimensinya, model ThinBook 13S memiliki ketebalan 15,9mm dan bobot kurang dari 1,4 kg. Sementara, model ThijBook 14S memiliki tebal kurang dari 16,5mm dan bobot kurang dari 1,5kg.

Layar kedua model beresolusi Full HD. Model 13S memiliki tebal bingkai layar kurang dari 5,5mm. Khusus untuk model 13S, layarnya ditunjang oleh Dolby Vision. Sedangkan untuk model 14S memiliki tebal bingkai layar kurang dari 4,9mm.

Fokus utama lini ThinkBook S ini terdapat pada sistem keamanan yang diklaim Lenovo setara dengan model premium ThinkPad. Beberapa fitur keamanan yang disematkan adalah Single-step authentication atau sensor sidik jari yang juga melekat di tombol daya.

Fitur single-step authentication alias sensor pemindai sidik jari yang melekat di tombol daya Lenovo ThinkBook S.Kompas.com/Wahyunanda Kusuma Pertiwi Fitur single-step authentication alias sensor pemindai sidik jari yang melekat di tombol daya Lenovo ThinkBook S.

Kemudian ada chip TPM 2.0 untuk mengaktifkan fitur keamanan Windows 10 dan enkripsi data pengguna. Di bagian webcam, ThinkBook juga menyediakan opsi penutup kamera (ThinkShutter) demi meningkatkan pelindungan privasi pengguna.

Selain itu, baik model 13S dan 14S juga dilengkapi dengan tombol khusus untuk mengakses Skype, salah satu fitur yang sering diadopsi pebisnis untuk konferensi jarak jauh. 

Baca juga: Harga Lebih Murah, Keamanan Lenovo ThinkBook Diklaim Setara ThinkPad

Di sektor hardware, ThinkBook menggunakan prosesor Core i5 generasi ke-8 dengan GPU Radeon 540X untuk model 14S. Untuk ruang penyimpanan, model 13S dilengkapi RAM 4GB dan storage SSD hingga 256 GB.  Model 14 inci dilengkapi RAM 8GB dan SSD hingga 256 GB.

Kedua laptop ini menjalankan OS Windows 10. Untuk baterainya, Lenovo mengklaim bisa bertahan hingga 11 jam yang didukung fitur RapidCharge (pengisi daya cepat) untuk model ThinkBook 13S. Lalu untuk model 14S diklaim bisa bertahan hingga 10 jam.

Punggung Lenovo ThinkBook 13S bermaterial alumunium.Kompas.com/Wahyunanda Kusuma Pertiwi Punggung Lenovo ThinkBook 13S bermaterial alumunium.

Saat ini, Lenovo baru membuka sesi pre-order untuk model 13S yang bisa dilakukan mulai 22 Juli-1 Agustus di Lazada, Blibli, JD.ID, Shopee, dan Bhinneka. Banderolnya dipatok di angka 16 juta.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X