Tinder, Spotify, dan Netflix Tak Mau Dipajaki Google

Kompas.com - 23/07/2019, 07:02 WIB
Ilustrasi TinderIst Ilustrasi Tinder

 

KOMPAS.com - Layanan kencan online milik Match Group, Tinder belakangan ini menguji coba fitur pembayaran terbaru di aplikasinya, yang memungkinkan pengguna Tinder untuk membeli layanan Tinder Plus atau Tinder Gold, tanpa melalui Play Store.

Tinder sengaja meluncurkan fitur itu lantaran mereka tak ingin membayar sejumlah pajak yang diminta oleh Google, jika ada elemen in-app purchase (item yang dibeli di dalam aplikasi) yang dilakukan di aplikasi Tinder.

Sebelumnya, layanan Netflix dan Spotify juga telah melakukan praktik yang serupa.

Pajak in-app purchase di Play Store sendiri bisa mencapai 30 persen, sehingga akan begitu berpengaruh kepada keuntungan yang diterima Match Group, lantaran Tinder merupakan layanan berlangganan.

Baca juga: Begini Cara Tinder Comblangkan Pengguna

Tinder tidak mengonfirmasi hal ini secara langsung. Juru bicara Match Group, Justine Sacco mengatakan bahwa fitur pembayaran langsung itu diperkenalkan untuk mempermudah  pengguna melakukan pembayaran di Tinder.

"Kami terus menguji coba fitur terbaru untuk memberikan kemudahan bagi pengguna kami," kata Justine, sebagaimana dikutip KompasTekno dari Engadget, Selasa (23/7/2019).

"Kami akan selalu menghadirkan pilihan yang menguntungkan bagi pengguna, salah satunya adalah opsi pembayaran ini," imbuhnya.

Pakai informasi kartu kredit

Nah, dengan fitur ini, alih-alih menggunakan Play Store, pengguna Tinder bisa menggunakan sistem pembayaran yang tersemat langsung di dalam aplikasi, yang menggunakan detail informasi kartu kredit.

Ketika pengguna selesai memasukkan detail kartu kredit, maka aplikasi Tinder akan menggunakan kartu kredit tersebut sebagai sistem pembayaran default dan bakal melenyapkan opsi pembayaran melalui Play Store.

Baca juga: Ini Profesi yang Sukses Datangkan Jodoh di Tinder

Dengan begitu, Tinder bisa mengelabui platform Google, untuk menghindari pajak yang diambil Play Store, untuk seluruh in-app purchase di platform tersebut.

Untuk diketahui, bukan Tinder saja yang menempuh langkah demi menghindari pajak di platform Play Store. Sebelumnya, sejumlah aplikasi seperti Netflix, Spotify, dan Fortnite, juga memiliki opsi pembayaran serupa.

Layanan pembayaran berlangganan di platform musik Spotify misalnya, bisa didapatkan dengan mengunjungi situs Spotify tanpa harus lewat Google Play Store, begitu juga dengan layanan berlangganan Netflix.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X