Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur "Walkie-Talkie" Apple Watch Sudah Bisa Digunakan Lagi

Kompas.com - 23/07/2019, 14:31 WIB
Yudha Pratomo,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber Mac Rumors

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu Apple sempat mematikan aplikasi Walkie-Talkie pada Apple Watch karena ditemukan adanya bug yang memungkinkan orang lain menguping pembicaraan di iPhone.

Kini pengguna bisa kembali menikmati aplikasi tersebut karena celah keamanan yang ditemukan telah ditambal oleh Apple lewat pembaruan sistem operasi WatchOS 5.3.

Baca juga: Rawan Dipakai Menguping, "Walkie-Talkie" Apple Watch Dimatikan

Selain menambal celah keamanan pada aplikasi Walkie-Talkie, pembaruan sistem operasi ini juga menghadirkan fitur electrocardiogram (ECG) pada Apple Watch 4 untuk wilayah Kanada dan Singapura.

Pembaruan ini dapat diunduh pengguna lewat aplikasi Apple Watch yang terpasang pada iPhone. Pengguna cukup masuk ke dalam menu "general" pada halaman pengaturan, kemudian pilih "software update".

Dirangkum KompasTekno dari Macrumours, Selasa (23/7/2019), selain dua hal di atas, tidak ada pembaruan lain yang diberikan Apple pada WatchOS 5.3 ini.

WatchOS 5.3 bisa menjadi sistem operasi WatchOS 5 terakhir sebelum beralih ke WatchOS 6. Kabarnya, WatchOS 6 sendiri saat ini tengah berada dalam tahap uji coba dan akan dirilis dalam beberapa bulan ke depan.

Baca juga: 12 Tahun Lalu iPhone Dicemooh Saat Muncul Pertama Kali

Aplikasi Walkie-Talkie pertama kali diperkenalkan lewat pembaruan sistem operasi WatchOS 5 tahun lalu. Aplikasi tersebut memungkinkan pengguna Apple Watch untuk melakukan komunikasi suara ala push-to-talk dengan pengguna Watch lain.

Fitur Walkie-Talkie Apple Watch sebenarnya merupakan hasil modifikasi dari FaceTime Audio, yang kemudian dimigrasikan ke WatchOS 5.

Beberapa waktu lalu aplikasi ini dimatikan sementara oleh Apple karena adanya bug yang dapat disalahgunakan oleh peretas untuk menguping pembicaraan pengguna tanpa izin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mac Rumors


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com