Setor Data Wajah ke Google Dapat Duit Rp 70.000

Kompas.com - 24/07/2019, 17:10 WIB
Logo Google pada bagian depan kantor Google di kawasan Mountain View, California, Amerika Serikat. Yudha Pratomo/KompasTeknoLogo Google pada bagian depan kantor Google di kawasan Mountain View, California, Amerika Serikat.

KOMPAS.com - Ponsel Google Pixel 4 dan Pixel 4 XL yang akan dirilis tahun ini, disinyalir bakal memiliki fitur pemindai wajah yang serupa dengan Face ID milik Apple.

Fitur tersebut memungkinkan perangkat untuk mengenali wajah secara tiga dimensi dan dapat dimanfaatkan sebagai kunci keamanan.

Untuk menyempurnakannya, Google harus mendapatkan sample dan data wajah sebanyak mungkin agar fitur tersebut bisa bekerja dengan lebih optimal. Alhasil mereka membutuhkan foto wajah sebanyak-banyaknya supaya fitur itu bisa memindai secara akurat.

Untuk mendapatkan sample ini Google diketahui rela memberikan memberikan voucher Amazon atau Starbucks sebesar 5 dollar AS (Rp 70.000) bagi setiap orang yang mau memberikan foto wajahnya.

Baca juga: 10.000 Orang Indonesia Tertipu Aplikasi FaceApp Palsu

Hal tersebut terungkap setelah seorang pria bernama George, melaporkan bahwa ia pernah bertemu dengan pegawai Google yang meminta data wajahnya.

George menceritakan pertemuan itu terjadi tanpa sengaja ketika ia tengah berada di sebuah taman di New York. Menurutnya secara tiba-tiba ada seorang yang mengaku bekerja di Google dan memintanya untuk melakukan selfie.

Dikutip KompasTekno dari Android Central, Rabu (24/7/2019), mulanya ia mengira bahwa hal tersebut dilakukan untuk sebuah survei.

Namun pegawai Google tersebut mengatakan bahwa foto wajah yang ia ambil akan digunakan untuk "meningkatkan teknologi fitur pengenalan wajah pada ponsel generasi berikutnya".

George pun kemudian diminta untuk selfie dalam beberapa angle. Setelah itu ia pun diberi imbalan berupa gift card sebesar 5 dollar AS yang bisa digunakan di Amazon atau Starbucks.

Pegawai tersebut pun mengaku pada George bahwa Google memang tengah membutuhkan sejumlah data besar untuk membantu meningkatkan fitur pengenalan wajah 3D ini.

Ia pun mengatakan bahwa Google juga memiliki sejumlah tim di beberapa kota besar yang mengumpulkan data wajah dari orang-orang.

Baca juga: FaceApp Berbahaya atau Tidak? Eksperimen Ini Membuktikan

Google sendiri pada Juni lalu telah merilis gambar render dari ponsel Pixel 4. Ponsel flagship ini terlihat memiliki kamera belakang yang dibungkus dengan wadah berbentuk "kotak" alias persegi.

Sepintas, modul kamera tersebut mirip dengan kamera milik iPhone XI pada bocoran yang beredar. Namun bedanya, kamera iPhone XI disusun secara zig-zag dalam wadah kotak tersebut, sementara kamera Pixel 4 diletakkan dengan posisi yang simetris.

Kendati demikian belum diketahui secara rinci spesifikasi dan fitur apa saja yang akan dibenamkan pada Pixel 4 ini. Namun demikian, fitur pemindai wajah 3D yang serupa dengan Face ID diyakini akan hadir pada Pixel 4.




25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X