Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Galaxy Fold Dipastikan Meluncur September

Kompas.com - 25/07/2019, 11:21 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah sempat diumumkan dan tertunda peluncurannya, smartphone layar lipat Galaxy Fold akhirnya mendapat kepastian dari Samsung.?

Dalam keterangan tertulis di blog Samsung Newsroom, Samsung memastikan smartphone layar lipat Galaxy Fold akan meluncur pada September mendatang, namun tidak disebutkan kapan tanggal pastinya.

Samsung juga menyatakan bahwa Galaxy Fold hanya akan tersedia di beberapa negara saja (selected markets).

Tidak disebutkan negara mana saja yang bakal kebagian Galaxy Fold, namun berdasarkan rumor, negara yang dimaksud adalah AS, Inggris, Jerman, Perancis, dan India, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari SamMobile, Kamis (25/7/2019).

Baca juga: Penampakan Galaxy Fold Versi Baru di Genggaman Pengguna

Hal itu berdasar pengujian firmware yang dilakukan Samsung. Sebelumnya, firmware Galaxy Fold diuji di berbagai negara, namun belakangan dihentikan, kecuali di negara-negara tersebut di atas. Itu menjadi indikasi negara mana saja yang bakal disambangi Galaxy Fold.

Perbaikan struktur desain Galaxy Fold

Selain membeberkan bulan peluncuran, pada kesempatan yang sama, Samsung juga membeberkan detail informasi terkait apa saja penyempurnaan atau perbaikan yang dilakukan oleh pihaknya di Galaxy Fold.

Secara garis besar, perbaikan yang dilakukan Samsung terfokus di sisi struktur dan material ponsel. Hal itu dilakukan agar Galaxy Fold tetap kokoh, meski layarnya dilipat-lipat berulang kali.

Samsung adalah menyertakan material pelindung layar tambahan untuk menambah pengalaman pengguna ketika ingin melipat smartphone, dan mencegah keretakan pada layar smartphone.

Baca juga: Samsung Mengaku Memaksakan Peluncuran Galaxy Fold

Samsung juga memperkuat area engsel atau hinge yang digunakan sebagai topangan utama ketika layar smartphone dilipat.

Untuk menghindari kesalahan yang sama, Samsung juga kini tengah melakukan uji coba tahap akhir untuk memastikan bahwa perangkat tersebut memang benar-benar sudah siap untuk dipasarkan secara komersil.

Penasaran seperti apa desain dan harga Galaxy Fold yang disempurnakan ini? Kita tunggu saja janji Samsung pada September nanti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com