Microsoft Tak Sengaja Bocorkan Tombol “Start” Windows 10 yang Baru

Kompas.com - 26/07/2019, 11:41 WIB
Wallpaper khas Windows 10. MicrosoftWallpaper khas Windows 10.
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Ada kalanya bocoran informasi tentang produk atau fitur baru justru berasal dari pihak pembuatnya sendiri. Contohnya seperti yang dilakukan oleh Microsoft baru-baru ini.

Raksasa software tersebut pada Rabu lalu tak sengaja merilis Windows 10 build 18947 kepada para peserta program pengujian software Windows Insider. Padahal, build tersebut hanya diperuntukkan bagi kalangan internal perusahaan.

Di dalamnya terdapat rancangan menu Start baru untuk Windows 10 yang terlihat sudah tidak lagi mengandalkan Live Tiles aplikasi.

Build yang bersangkutan sebenarnya hanya tersalur ke peserta Windows Insider dengan  perangkat 32-bit yang jumlahnya tak banyak. Microsoft pun segera menghapusnya begitu tersadar.

Baca juga: Transformasi Tombol Start dari Windows 95 hingga Windows 10

Namun, tampilan Start Menu baru sudah kadung tertangkap dan beredar luas di internet. Rancangannya bisa dilihat dalam gambar di bawah.

Rancangan menu Start baru di build Windows 10 yang tak sengaja dibocorkan oleh Microsoft ke peserta program Windows Insider. Twitter/ @NTAuthority Rancangan menu Start baru di build Windows 10 yang tak sengaja dibocorkan oleh Microsoft ke peserta program Windows Insider.

Seorang juru bicara Microsoft mengakui adanya distribusi tanpa sengaja itu dan mengatakan bahwa pihaknya sedang menyelidiki kenapa bisa sampai terjadi.

“Ini adalah sebuah kesalahan dan kami telah menarik build dimaksud,” katanya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Jumat (26/7/2019).

Baca juga: Peringatan Microsoft bagi Pengguna Windows XP dan 7

Tentu, karena masih bersifat percobaan, belum tentu rancangan menu Start baru itu nantinya akan benar-benar diterapkan di build Windows 10 versi final.

Microsoft sendiri bukan kali ini saja tak sengaja membocorkan produk yang masih berada dalam tahap pengembangan.

Pada 2017, perusahaan tersebut juga pernah salah merilis versi internal dari Windows 10 yang belum stabil. Sejumlah perangkat penggunanya pun terjebak boot loop tak berkesudahan sehingga Microsoft terpaksa mengeluarkan tool untuk recovery.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber The Verge
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X