Sumber Gambar di Pencarian Google Kini Bisa Dikunjungi dengan Sapuan Jari

Kompas.com - 26/07/2019, 16:42 WIB
Ilustrasi halaman pencarian Google 9to5GoogleIlustrasi halaman pencarian Google
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

 

KOMPAS.com -Layanan pencarian gambar mobile besutan Google (Google Images) kedatangan fitur terbaru bernama "Swipe to Visit".

Seperti namanya, kini pengguna bisa melihat langsung mengunjungi situs sumber dari gambar yang bersangkutan (yang sudah dicari lewat Google Images) di ponsel, hanya dengan satu sapuan jari (swipe).

Pengguna tak perlu meng-klik tautan ke situs yang mencantumkan gambar itu, ataupun membuka tab baru di peramban.

Baca juga: Gmail Bakal Disuntik AMP Mulai 2 Juli

Nantinya, ketika pengguna mencari gambar lewat Google Images dan memilih salah satunya, akan muncul sebuah header berisi nama dan preview situs sumber di bagian bawah detail pencarian gambar.

Nah, preview situs ini bisa langsung dipanggil agar tampil penuh dengan cara menyapunya ke arah atas. 

Perlu dicatat, ketika hasil pencarian ditampilkan, pengguna harus meng-klik terlebih dahulu gambar yang ingin dibuka artikelnya, seperti tampak pada gambar pertama ilustrasi di bawah.

Ilustrasi fitur Swipe to Visit di Google ImagesKOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi fitur Swipe to Visit di Google Images

Jika sudah selesai mengunjungi situs, pengguna bisa kembali ke pencarian gambar dengan  melakukan swipe down pada bagian atas jendela artikel ini ke arah bawah.

Laman situs yang ditampilkan dalam preview header adalah yang sudah dibuat menurut standar Accelerated Mobile Pages ( AMP) besutan Google.

Baca juga: Google Ingin Percepat Waktu Loading Situs "Mobile"

Pengelola situs yang sudah menggunakan platform AMP tak perlu melakukan pengaturan tambahan agar preview lamannya ditampilkan di pencarian gambar Google Images.

Google mengklaim mekanisme sapuan jari ini lebih mudah dan cepat ketimbang sebelumnya, sehingga lebih memancing pengguna untuk mengunjungi situs sumber gambar.

"Saat pengguna melakukan sapuan ke atas, laman situs langsung ditampilkan dan pemiliknya memperoleh page view," tulis Google dalam sebuah posting blog.

Fitur Swipe to Visit sendiri sudah mulai diterapkan di Google Images mulai hari ini, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari 9to5Google, Jumat (26/7/2019).

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber 9to5Google
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X