Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocah YouTuber Berumur 6 Tahun Beli Gedung Senilai Rp 112 Miliar

Kompas.com - 26/07/2019, 19:49 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seorang bocah asal Korea Selatan baru-baru ini membuat heboh jagat maya. Bagaimana tidak, Boram, si anak perempuan berusia 6 tahun itu, dilaporkan membeli sebuah gedung di daerah elit Gangnam, kota Seoul.

Harga gedung 5 lantai seluas 258 meter persegi tersebut 9,5 miliar won atau setara dengan Rp 112 miliar. 

Gedung sebenarnya dibeli oleh perusahaan Boram Family, yang beranggotakan keluarga sang YouTuber cilik itu. Masih belum jelas apa tujuan penggunaan gedung tersebut nantinya.

Baca juga: Bocah Tujuh Tahun Raup Rp 314 Miliar dari YouTube

Boram sendiri merupakan salah seorang YouTuber Korea Selatan yang memiliki jumlah subscriber terbanyak sekarang. 

Bangunan di distrik Gangnam, kota Seoul, Korea Selatan, yang dibeli YouTuber cilik Boram.koreatimes.co.kr Bangunan di distrik Gangnam, kota Seoul, Korea Selatan, yang dibeli YouTuber cilik Boram.

Content creator cilik ini memiliki dua kanal, yakni Boram Tube Vlog dan Boram Tube Toys Reviews yang masing-masing memiliki subscriber sebanyak 17,6 juta dan 13,6 juta.

Meski masih sangat belia, penghasilan Boram dari YouTube konon mencapai 3,7 miliar won atau sekitar Rp 43 miliar tiap bulan.

Video-videonya sudah mengumpulkan ratusan juta view, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Channel News Asia, Jumat (26/7/2019).

Baca juga: Studi Ungkap Jenis Video yang Paling Laris Ditonton di YouTube

Keluarga Boram sebelumnya sempat memantik kontroversi di Korea Selatan lantaran dipandang memanfaatkan anak itu untuk mendulang keuntungan.

Ada juta tudingan membuat konten negatif yang bisa mempengaruhi perilaku anak lain, seperti video Boram yang mencuri uang dari dompet ayahnya.

Pihak keluarga Boram kemudian menghapus video-video terkait dengan cara mengubah setelan menjadi private dan meminta maaf secara terbuka. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com