Kalkulator Google Kini Bisa Tampilkan Hasil Bilangan Pecahan

Kompas.com - 28/07/2019, 15:05 WIB
Ilustrasi Google Calculator ShutterstockIlustrasi Google Calculator

KOMPAS.com - Mesin hitung elektronik seperti kalkulator yang umum beredar, belum banyak yang bisa menampilkan bilangan pecahan. Termasuk kalkulator digital berbentuk aplikasi yang terpasang di smartphone.

Umumnya, aplikasi kalkulator menampilkan hasil hitungan berupa bilangan desmimal saja. Google mencoba mengubah hal itu dengan memperbarui aplikasi kalkulatornya yang kini bisa menampilkan hasil pecahan dan bilangan desimal sekaligus.

Pembaruan ini muncul di Google Calculator versi 7.7. Seperti muncul di gambar di bawah ini, hasil hitungan akan muncul dalam bilangan desimal dan pecahan. Misalnya untuk bilangan desimal 0,833333, di bagian bawah akan terpampang bentuk pecahannya yakni 5/6.

Tangkapan layar Google Calculator yang menampilkan hasil hitungan pecahanAndroid Police Tangkapan layar Google Calculator yang menampilkan hasil hitungan pecahan

Tidak hanya bilangan bulat, simbol lain seperti phi (π) juga lebih mudah digunakan dan bisa muncul di hasil pecahan seperti dalam tangkapan layar.

Pengguna tidak perlu repot mencari simbol-simbol khusus seperti phi, persen, sin, cos, atau tan. Karena opsi-opsi tersebut muncul di sisi atas keyboard angka.

Hasil pecahan juga langsung muncul seketika setelah menekan tombol hasil (=). Pembaruan lain juga terlihat, yakni tombol naviagasi yang transparan, dilansir KompasTekno dari Android Police, Minggu (28/7/2019).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kemungkinan, tombol transparan ini akan menjadi persiapan Google menyambut Android Q yang akan lebih mengutamakan navigasi berupa gestur. Kalkulator Google juga sudah menyediakan tema dark mode dengan latar belakang gelap.

Baca juga: Mau Belajar Bikin Aplikasi Android, Ini Kelas Online dan Buku dari Dicoding

Kalkulator Google versi terbaru ini sudah tersedia di Google Play Store. Jika belum ada pembaruan, kemungkinan Google masih menggulirkannya bertahap.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.