Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Umumkan Galaxy Fold, Bos Huawei Pamer Mate X di Bandara

Kompas.com - 28/07/2019, 19:11 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Senasib dengan Galaxy Fold, ponsel lipat Huawei Mate X juga belum juga dirilis saat ini. Padahal keduanya sudah lebih dulu diperkenalkan di saat yang hampir bersamaan.

Galaxy Fold diperkenalkan 21 Februari 2019, tiga hari sebelum Huawei Mate X yang dirilis 24 Februari 2019. Namun, CEO Huawei, Richard Yu sudah percaya diri memamerkan Mate X ke tempat umum.

Yu kedapatan membawa Mate X yang belum resmi dijual itu di sebuah bandara yang tidak diketahui pasti lokasinya.

Bahkan, Yu tidak malu-malu memamerkan Mate X kepada seseorang yang kemudian mengunggah fotonya di akun media sosial China, Weibo.

Yu justru mempersilakan orang tersebut untuk mengambil foto lebih dekat. Entah disengaja atau tidak, foto-foto ini menyebar di internet hampir bersamaan dengan pengumuman Samsung tentang perilisan kembali Galaxy Fold.

Baca juga: Samsung Tunda Peluncuran Galaxy Fold secara Global

CEO Huawei, Richard Yu kedapatan membawa Huawei Mate X yang belum resmi dirilis.Weibo via Android Authority CEO Huawei, Richard Yu kedapatan membawa Huawei Mate X yang belum resmi dirilis.
Belakangan, Samsung resmi mengumumkan bahwa Galaxy Fold akan meluncur bulan September mendatang setelah sebelumnya mengalami penundaan. Kendati demikian, Samsung belum menyebut tanggal pastinya.

Baca juga: Ponsel Layar Lipat Huawei Mate X Ditunda Hingga September

Huawei Mate X pun dikabarkan akan dirilis di bulan yang sama secara global.

"Akan meluncur September. Mungkin bisa lebih awal, tapi pastinya September," ungkap VIncent Pang, President of Huawei European Region, dikutip KompasTekno dari Giz China, Minggu (28/7/2019).

Menurut President of Huawei Production Division, He Gang, Mate X akan lebih dulu dijual di China pada akhir Juli atau awal Agustus. Meski sama-sama ponsel lipat, keduanya mengusung konsep yang berbeda.

Secara sederhana, Galaxy Fold dilipat ke arah dalam, menyebabkan layar saling bertemu.

Ponsel mutakhir ini memiliki dua layar, yakni layar dalam yang membentang 7,3 inci saat berada dalam mode tablet, serta layar kedua yang berukuran lebih kecil, 4,6 inci.

Baca juga: Membandingkan Ponsel Lipat Galaxy Fold dan Huawei Mate X

Sementara Huawei Mate X dilipat ke arah luar yang membuat layar meregang saat ditekuk. Huawei Mate X hanya memilik satu buah layar di luar seluas 8 inci saat dalam mode tablet.

Saat dilipat, diagonal layar tersebut menyusut menjadi 6,6 inci untuk bagian depan dan 6,38 inci di bagian belakang.

Untuk harga, Galaxy Fold dibanderol 1.980 dollar AS (Rp 27,6 juta), sementara Mate X dijual lebih mahal yakni seharga 2.300 euro (Rp 35,8 juta).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com