WhatsApp Web Bakal Tak Perlu Terhubung ke Ponsel?

Kompas.com - 29/07/2019, 07:12 WIB
Ilustrasi WhatsApp IstIlustrasi WhatsApp

KOMPAS.com - WhatsApp dikabarkan sedang mengembangkan beberapa fitur baru. Salah satu fitur disebut akan membuat WhatsApp lebih mirip dengan aplikasi pesan milik Apple, iMessage.

Kemiripannya terdapat di penggunaan aplikasi yang lebih fleksibel di semua perangkat. Artinya, satu akun WhatsApp akan bisa digunakan di beberapa perangkat, baik dari smartphone atau desktop yang berbeda, secara bersamaan.

Pengguna WhatsApp selama ini memang bisa menggunakan smartphone dan WhatsApp Web sekaligus. Namun, untuk menggunakan WhatsApp Web, PC harus dihubungkan dengan ponsel  yang tersambung ke internet terlebih dahulu.

Baca juga: Cara Kirim Foto di WhatsApp Tanpa Menurunkan Kualitas

Nah, menurut rumor yang bersangkutan, keharusan menyambungkan WhatsApp Web dengan WhatsApp di ponsel itu nantinya tak akan berlaku lagi.

Dengan demikian, pemakaian WhatsApp di beberapa perangkat berbeda seperti deskop, laptop, dan ponsel bakal lebih mudah karena tak perlu re-connect ke ponsel tiap kali berpindah perangkat. 

Kendati demikian, karena masih sebatas berupa rumor, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Next Web, Senin (29/7/2019), belum jelas bagaimana cara kerja fitur tersebut nanti.

Baca juga: Cara Cek Grup WhatsApp yang Makan Banyak Memori

Perlu diketahui bahwa ada alasan keamanan dibalik keharusan untuk menghubungkan smartphone ke desktop ketika menggunakan WhatsApp Web.

Semua pesan terikat ke nomor telepon pengguna dan hanya disimpan secara lokal di ponsel, bukan di server WhatsApp. Sebab itu, WhatsApp Web perlu mengambil pesan-pesan lewat ponsel. Mekanisme ini mungkin perlu diubah kalau mau menerapkan fitur seperti di atas.

Cara pakai WhatsApp web di PC dan Mac

WhatsApp kini lebih fleksibel diakses di mana pun, kapan pun, dan dalam kondisi apa pun. Layanan pesan singkat tersebut baru saja merilis aplikasi desktop untuk Windows dan Mac.

Saat mengoperasikan laptop atau komputer, aplikasi desktop diharapkan bisa menjaga jalinan komunikasi maya pengguna dengan orang-orang terkasih, tanpa harus ruwet mengecek layar smartphone.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X