Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Galaxy Fold Rilis September, Apa Kabar Huawei Mate X?

Kompas.com - 29/07/2019, 09:32 WIB
Yudha Pratomo,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Setelah peluncurannya sempat tertunda lantaran tersandung masalah, pekan lalu Samsung akhirnya mengumumkan bahwa ponsel layar lipat Galaxy Fold besutannya akan meluncur pada September mendatang.

Bagaimana dengan rivalnya, Mate X dari Huawei? Director of Huawei Consumer Business Mobile Phone, He Gang mengatakan bahwa Mate X saat ini masih dalam tahap penyempurnaan agar memenuhi standar yang ditetapkan perusahaan.

Baca juga: Samsung Galaxy Fold Dipastikan Meluncur September

"Semua orang harus tahu dengan jelas bahwa Huawei sangat menuntut kualitas. Jika tidak memenuhi syarat kualitas, kami tidak akan membiarkan produk ini dijual ke pasar," ungkap He. Dengan kata lain, Huawei masih menilai bahwa Mate X belum siap dirilis.

Proses penyempurnaan ini, menurut He, ternyata lebih sulit dibandingkan ketika Huawei merancang konsep layar lipat pada Mate X. Kendati demikian, He mengaku Huawei tak risau jikapun didului oleh Samsung dalam merilis produk ponsel layar lipat ke pasaran.

"Ketika perangkat Samsung memasuki pasar, itu bukan titik yang kami pertimbangkan. Poin yang dipertimbangkan adalah bahwa konsumen dapat memperoleh produk ini ketika sudah siap," lanjutnya, dirangkum KompasTekno dari GSM Arena, Senin (29/7/2019).

Baca juga: Samsung Mengaku "Memaksakan" Peluncuran Galaxy Fold

Sebelumnya, pada Juni lalu, Huawei sempat mengatakan peluncuran Mate X ditunda hingga September lantaran tak mau mengalami masalah seperti Galaxy Fold yang terlalu cepat dirilis.

Huawei Mate X diperkenalkan dalam waktu hampir bersamaan dengan Samsung Galaxy Fold pada Februari lalu. Keduanya pun langsung disandingkan sebagai rival.

Kendati sama-sama ponsel dengan layar lipat, ada sejumlah perbedaan penting antara Huawei Mate X dengan Samsung Galaxy Fold. Yang paling kentara adalah arah lipatan layar, di mana Galaxy Fold dilipat ke arah dalam, sementara Mate X sebaliknya, ke arah luar.

Mate X juga tidak memiliki layar kedua yang berukuran lebih kecil seperti Galaxy Fold. Sebab, dalam keadaan terlipat, layar utama Mate X tetap dapat dilihat oleh pengguna. Beda halnya dengan layar Galaxy Fold yang akan tertutup seperti buku sehingga memerlukan layar kedua.

Baca juga: Membandingkan Ponsel Lipat Galaxy Fold dan Huawei Mate X

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com