Daftar YouTuber Populer yang Tutup Channel

Kompas.com - 29/07/2019, 19:07 WIB
Ilustrasi YouTuber Pink Guy KOMPAS.com/Bill ClintenIlustrasi YouTuber Pink Guy

KOMPAS.com - Platform berbagi video, YouTube, kini dipandang sebagai "lahan subur" untuk mengais pundi bagi para konten kreator.

Sebab, dengan sekadar membuat video review atau vlog, dan bahkan video usil atau "prank", para konten kreator ini bisa mendulang keuntungan lewat sebuah video YouTube.

Namun, platform milik Google ini tidak selalu dipandang indah bagi mereka. Pasalnya, ada beberapa konten kreator (YouTuber) yang memutuskan untuk "pensiun" dari dunia YouTube.

Alasan para konten kreator yang pensiun ini pun beragam, mulai dari alasan pribadi, seperti ingin fokus kepada keluarga dan kesehatan mental, hingga alasan untuk mengejar passion atau fokus kepada bisnis yang lebih menguntungkan.

Baca juga: Studi Ungkap Jenis Video yang Paling Laris Ditonton di YouTube

YouTuber pionir di bidang kecantikan, Michelle Phan, misalnya, pensiun dari YouTube pada tahun 2017 dengan alasan ingin fokus pada "kebahagiaan" dan ingin rehat sejenak dari ranah YouTube.

Meski ditinggal oleh Phan, channel YouTube miliknya, dengan nama yang sama, masih mejeng di YouTube, dan kini memiliki 8.876.607 subscriber.

Ada pula YouTuber bernama George Miller dengan channel TVFilthyFrank atau yang lebih dikenal dengan sebutan "Pink Guy".

Baca juga: Bocah YouTuber Berumur 6 Tahun Beli Gedung Senilai Rp 112 Miliar

Channel ini memiliki 6.528.426 subscriber dan sempat rutin mengunggah konten-konten video musik jenaka dengan penyanyi berkostum merah muda.

Miller pun memutuskan untuk minggat dari YouTube pada tahun 2018 dengan alasan untuk mengejar karir profesional di bidang musik. Di dunia hiburan, Miller kini dikenal dengan nama "Joji".

Ada yang "hidup" kembali

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber ranker

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X