Ponsel Pixel 3a Sumbang Banyak Keuntungan untuk Google

Kompas.com - 30/07/2019, 17:35 WIB
Peluncuran Google Pixel 3a di kantor pusat Google di California, AS, Senin (7/5/2019).KOMPAS.com/Gito Yudha Pratomo Peluncuran Google Pixel 3a di kantor pusat Google di California, AS, Senin (7/5/2019).

KOMPAS.com - Induk perusahaan Google, Alphabet mencatatkan laporan keuangan yang positif pada kuartal kedua (Q2) 2019. Laporan menunjukkan Alphabet berhasil meraih pendapatan sebesar 9,18 miliar dollar AS.

Melihat performa ini, CEO Google, Sundar Pichai menyoroti penjualan lini ponsel Pixel. Menurut Pichai, ponsel anyar Pixel 3a dan Pixel 3a XL yang dirilis pada Mei lalu membantu perusahaan mendongkrak penjualan lini smartphone.

Pichai mengatakan bahwa penjualan smartphone Pixel secara keseluruhan kini meningkat drastis dari periode yang sama pada tahun sebelumnya. Bahkan ia mengklaim penjualannya meningkat lebih dari dua kali lipat.

"Dengan dirilisnya Pixel 3a pada bulan Mei lalu, keseluruhan penjualan unit Pixel di Q2 ini tumbuh lebih dari dua kali. Selain Verizon dan Google Store, kami berhasil memperluas distribusi kami ke T-Mobile, Sprint, US Cellular, Spectrum Mobile dan mitra tambahan," kata Pichai.

Baca juga: Google Pamer Fitur Pixel 4, Bisa Dipakai Tanpa Menyentuh Layar

Dikutip KompasTekno dari 9to5google, Selasa (30/7/2019), meski Pichai mengatakan penjualan Pixel 3a berhasil mendatangkan keuntungan, dalam laporan keuangan tersebut tidak disebutkan secara rinci, berapa laba yang diperoleh dari penjualan lini smartphone.

Pada laporan keuangan itu Google memasukkan Pixel 3a ke dalam segmen "pendapatan lain", bersama dengan bisnis komputasi awan (cloud), Google Play Store dan bisnis hardware lainnya.

Segmen tersebut mencatatkan pendapatan sebesar 6,18 miliar dollar AS, meningkat hampir setengah dari tahun lalu sebesar 4,4 miliar dollar AS.

Pixel 3a dan 3a XL sendiri diperkenalkan dalam gelaran Google I/O pada Mei lalu di San Francisco, Amerika Serikat. Kedua ponsel ini dipasarkan untuk menyasar segmen lebih yang lebih murah ketimbang Pixel 3 versi reguler.

Pixel 3a dan Pixel 3a XL membawa spesifikasi yang serupa. Keduanya dibekali dengan chipset Snapdragon 670 dengan RAM 4 GB dan penyimpanan 64 GB.

Baca juga: Ponsel Google Pixel 3a Ternyata Bikinan HTC

Spesifikasi yang membedakan antara keduanya hanya ada pada ukuran layar di mana Pixel 3a mengusung layar seluas 5,6 inci sementara Pixel 3a XL memiliki layar seluas 6 inci.

Pixel 3a dibanderol dengan harga 399 dollar AS atau sekitar Rp 5,7 juta. Sementara Pixel 3a XL dibanderol dengan harga lebih mahal yakni 479 dollar AS atau sekitar Rp 6,9 juta.

Harga Pixel 3a terpaut cukup jauh ketimbang Pixel 3 versi reguler yang di jual mulai harga 799 dollar AS (Rp 12,1 juta) untuk varian dengan memori 64 GB. Sementara itu Pixel 3 XL dipatok harga 899 dollar AS (Rp 13,6 juta) untuk kapasitas internal 64 GB.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X