Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PlayStation 4 Jadi Konsol Sony "100 Juta" Tercepat

Kompas.com - 31/07/2019, 13:47 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Konsol game PlayStation 4 (PS4) telah terjual sebanyak 100 juta unit sejak pertama kali dirilis pada November 2013 silam. Hal ini diketahui dari laporan keuangan per kuartal yang dirilis Sony baru-baru ini.

Dalam laporan keuangan tersebut, Sony mencatat telah menjual 3,2 juta unit PS4 dari bulan April hingga akhir Juni 2019.

Pada kuartal sebelumnya, secara total, penjualan PS4 tercatat sebanyak 96,8 juta unit. Sehingga, bisa ditarik kesimpulan bahwa konsol game tersebut sudah terjual 100 juta unit.

Fakta ini pun menjadi pencapaian baru bagi raksasa teknologi Jepang tersebut.

Sebab, selain angka penjualan yang mencapai tiga digit, PS4 juga merupakan konsol game besutan Sony yang paling cepat meraih angka 100 juta unit penjualan, dibandingkan konsol-konsol game Sony lainnya.

Baca juga: 5 Game PlayStation 4 Paling Laris dan Populer

Menurut Daniel Ahmad, seorang analis senior yang berasal dari firma Niko Partners, jika dibandingkan dengan konsol game terpopuler dari Sony, PlayStation 2 (PS2), PS4 berhasil mencapai angka penjualan 100 juta unit lebih cepat daripada PS2.

Lebih detail, konsol game PS2 mencapai angka penjualan 100 juta unit dalam 5 tahun 9 bulan sejak pertama kali dirilis, sementara PS4 mencapai titik tersebut hanya dalam waktu 5 tahun 7 bulan.

Kendati begitu, PS2 masih tetap mencatat rekor penjualan terbaik, yakni 150 juta unit selama masa pemasarannya.

Sony kini masih punya waktu untuk membalap rekor penjualan PS2 dengan PS4, sebelum kehadiran generasi penerus PS4 (sebut saja PS5) yang disinyalir bakal meluncur akhir 2020 mendatang.

Baca juga: Nintendo, Xbox, dan PlayStation Jadi Mahal Jika Tarif China Diberlakukan

Berdasarkan rumor yang beredar, PS5 bakal hadir dengan sejumlah fitur-fitur andalan, seperti dukungan game dengan resolusi 8K hingga dukungan game-game konsol lawas, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TheVerge, Rabu (31/7/2019).

Kendati begitu, belum jelas kapan Sony akan menghadirkan konsol game PS5 ini sebagai generasi baru konsol andalannya. Kita tunggu saja.

Baca juga: PlayStation 5 Bakal Bisa Mainkan Game PlayStation 1 hingga 4?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com