Semester I-2019, Pendapatan XL Axiata Naik Berkat Layanan Data

Kompas.com - 01/08/2019, 12:11 WIB
XL Axiata. XL AxiataXL Axiata.

KOMPAS.com - Perusahaan operator seluler XL Axiata membukukan pencapaian positif pada semester I-2019. Pendapatan XL Axiata tumbuh 11 persen secara year on year (YoY) yang didorong oleh oleh peningkatan layanan sebesar 15 persen YoY.

Kontribusi paling besar disumbang oleh layanan data yang tumbuh 29 persen secara YoY. Layanan data menyumbang 87 persen dari total pendapatan layanan pada periode ini.

EBITDA XL Axiata turut meningkat 19 persen akibat adanya efisiensi biaya, sementara EBITDA margin tumbuh 3 persen YoY.

Laba bersih yang berhasil diraup XL Axiata pada semster I 2019 adalah sebesar Rp 282 miliar.
Penetrasi smartphone juga diklaim naik 12 persen yang kini mencapai 86 persen.

Melihat hasil ini, Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini mengatakan akan terus meningkatkan layanan data.

Baca juga: Registrasi SIM Prabayar Justru Bikin Pelanggan XL Axiata Bertambah

"Dengan semua pencapaian tersebut, kini XL Axiata memimpin secara industri, dan menempati posisi yang lebih kuat dibandingkan dengan operator lainnya dalam hal menghadapi dampak dari penurunan pendapatan layanan legacy (SMS dan voice)," klaim Dian.

Kinerja XL Axiata Semester I-2019.XL Axiata Kinerja XL Axiata Semester I-2019.
Lebih lanjut, dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Kamis (1/8/2019), jumlah pelanggan smartphone XL Axiata pada periode ini mencapai 48,6 juta.

Dalam periode yang sama, jumlah pelanggan XL disebut mencapai 56,6 juta, tumbuh 7 persen dari tahun ke tahun. Pertumbuhan juga terjadi pada pelanggan pascabayar, yang kini mencapai lebih dari 1,05 juta.

"Peningkatan pelanggan ini terutama didorong oleh keberhasilan perusahaan dalam menarik pelanggan smartphone, dan juga pertumbuhan pelanggan yang pesat di wilayah luar Jawa," tulis XL Axiata dalam rilisnya.

Baca juga: Kinerja Bisnis Telkomsel, XL, dan Indosat Kuartal I/2019

Dian menyebut strategi dual-brand, yakni XL dan Axis, menjadi faktor utama yang mendorong pertumbuhan kinerja XL Axiata tahun ini. Kedua merek tersebut diklaim terus tumbuh.

Penigkatan Trafik Jaringan

Trafik jaringan tercatat meningkat 64 persen secara YoY di periode ini. Peningkatan ini didorong oleh trafik data 4G yang mendominasi jaringan XL Axiata saat ini.

Jumlah pengguna data diklaim mencapai 88 persen dari keseluruhan pengguna Xl Axiata. Hingga saat ini, XL Axiata memiliki 127.000 BTS, termasuk 53.000 BTS 3G dan lebih dari 37.000 BTS 4G.

Jaringan 4G XL Axiata saat ini tersebar di 408 kota/kabupaten di Indonesia. XL Axiata mengklaim telah melakukan pengembalian pinjaman bank sebesar Rp 600 miliar dengan menggunakan dana internal sepanjang semester I-2019 ini.

Di akhir periode ini, Xl Axiata juga tidak memiliki fasilitas pinjaman dalam mata uang dollar AS.

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X