Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran "Dongle" Pastikan Galaxy Note 10 Tak Punya Colokan Earphone

Kompas.com - 02/08/2019, 15:32 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber 9to5Google

KOMPAS.com - Jelang peluncuran Samsung Galaxy Note 10, semakin banyak rumor yang beredar. Salah satunya rumor tentang dipesiunkannya audio jack audio 3.5mm yang sebelumnya sudah tersiar.

Kemungkinan, rumor itu mendekati benar. Indikasi ini diperkuat dengan beredarnya penampakan dongle audio Galaxy Note. Penampakan dongle audio Galaxy Note 10 ini pertama kali diunggah oleh Roland Quandt, salah satu pembocor gadget melalui akun Twitternya.

Bentuk dongle audio berkelir putih itu memiliki port 3,5mm dan adapter USB C di ujung satunya. Diperkirakan, USB C Galaxy Note 10 nantinya akan bersifat hybrid yang digunakan sebagai konektor daya sekaligus adapter dongle audio.

Cara ini sudah ada sebelumnya di Galaxy A80. Namun, Samsung membekali pengguna dengan earphone yang memiliki konektor USB C di dalam kotak kemasan Galaxy A80.

Baca juga: Lolos TKDN, Samsung Galaxy Note 10 Segera Masuk Indonesia?

Penampakan dongle audio Galaxy Note 10.9to5Google Penampakan dongle audio Galaxy Note 10.

Belum diketahui apakah jika rumor ini benar nantinya, dongle audio ini akan dijual terpisah atau sudah masuk dalam kotak kemasan Note 10.

Sebab, Galaxy Tab S6 yang baru saja diluncurkan, juga tidak memiliki port jack audio tanpa dilengkapi adapter di dalam kotak kemasan, dilansir KompasTekno dari 9to5Google, Jumat (2/8/2019).

Selain dongle audio, pengguna bisa memilih alternatif menggunakan earphone wireless Galaxy Buds.

Samsung temasuk salah satu vendor yang cukup lama bertahan dengan jack audio 3.5mm di lini flagship. Beberapa pabrikan smartphone telah menanggalkan jack audio lebih dulu, sebut saja One Plus atau Google Pixel.

Baca juga: Galaxy Note 10 Akan Kehilangan Salah Satu Ciri Khas Ponsel Samsung?

Alasan yang digunakan biasanya adalah untuk memangkas tebal ponsel sekaligus menambah pendapatan dari penjualan aksesoris adapter yang seringnya dijual secara terpisah.

Belum diketahui mengapa Samsung ingin mengikuti tren ini di Note 10, sebab lubang untuk S-Pen masih tersedia.

Jawaban pastinya baru bisa ditemukan saat peluncuran. Galaxy Note 10 dijadwalkan rilis pada 7 Agustus 2019 di New York, AS.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber 9to5Google
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com