Video: Review Samsung Galaxy A80, Smartphone Serba Pertama dari Samsung

Kompas.com - 02/08/2019, 20:02 WIB
Smartphone Samsung Galaxy A80 KOMPAS.comSmartphone Samsung Galaxy A80
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Samsung baru saja merilis Galaxy A80 di Indonesia. Smartphone ini adalah produk teratas di jajaran ponsel menengah Galaxy A yang dibekali dengan sejumlah fitur anyar.

Sebagian di antara fitur tersebut hadir untuk pertama kalinya di Galaxy A80 untuk Samsung sendiri, bahkan juga untuk industri smartphone secara umum.

Misalnya, Galaxy A80 merupakan ponsel perdana dengan System-on-Chip (SoC) Snapdragon 730G dari Qualcomm. Chip octa-core ini dioptimalkan untuk keperluan gaming dan termasuk paling kencang untuk ukuran dapur pacu papan tengah.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Galaxy A80 di Indonesia

Layar Galaxy A80 berukuran 6,7 inci (2.400 x 1.080 piksel, 20:9) dan nyaris memenuhi seluruh bagian depan perangkat tanpa terhalang “poni” atau lubang kamera punch hole. Samsung menyebut layar ini sebagai “New Infinity Display”.

Rahasia lebarnya layar Galaxy A80 terletak pada unit “rotating camera” di mana ketiga kamera belakang bisa berputar menghadap arah depan dengan mekanisme slider.

Jadi, ketika akan digunakan untuk merekam foto atau video selfie, modul kamera Galaxy A80 akan bergeser ke arah atas lalu berputar ke depan. Kemampuan kamera depan dan belakang pun sama karena keduanya merupakan unit yang sama.

Ketiga kamera Galaxy A80 terdiri dari kamera wide 48 megapiksel (f/2.0), ultra wide 8 megapiksel (f/2.2) dan ToF 3D camera (f/1.2) untuk menerapkan efek bokeh.

Baca juga: Kamera Samsung Galaxy A80 Punya Fitur yang Tidak Dimiliki Galaxy S10

Nah, berkat kamera ToF, Galaxy A80 bisa menerapkan efek background blur di foto dan video lewat fitur Live Focus Video. Dengan kamera putar, Live Focus Video pun bisa diterapkan ketika merekam video selfie.

Ada juga fitur Super Steady untuk menstabilkan perekaman video menjadi sangat stabil. Fitur ini pertama kali hadir di Galaxy S10.

Istimewanya di Galaxy A80, karena kamera belakangnya bisa berputar ke depan, maka Super Steady pun bisa dipakai saat merekam video selfie, misalnya untuk membuat vlog.

Fitur yang “hilang”

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X