Fitur Hemat Kuota Data Netflix, 7 Jam Cuma Habiskan 1 GB

Kompas.com - 03/08/2019, 18:33 WIB
Ilustrasi Netflix di smartphone. BloombergIlustrasi Netflix di smartphone.

KOMPAS.com - Platform hiburan asal AS, Netflix menyediakan fitur khusus yang bisa digunakan penggunanya untuk berhemat kuota. Fitur tersebut adalah Adaptive Streaming yang memungkinkan pengguna bisa menonton film lebih lama dengan konsumsi internet minim.

"Yakni, hingga 7 jam hanya dengan 1 GB, ini setara dengan menonton film " Netflix Original The Night Comes for Us" sampai habis dan seluruh episode dari "Netflix Original Street Food Asia" season 1," sebut Netflix.

Fitur ini sudah ditanamkan di aplikasi mobile Netflix, dan menggunakan machine learning untuk menentukan bitrate adaptif dan encoding per detik, sesuai dengan kondisi koneksi internet saat itu. Kualitas video pun bisa disesuaikan dengan kondisi jaringan.

Teknologi itu diklaim bisa membuat penonton lebih nyaman saat menonton film tanpa tersendat, meski dalam perjalanan. Selain itu, teknologi juga membuat kuota internet yang digunakan lebih sedikit.

Baca juga: Uji Pemakaian Data Internet IGTV Vs YouTube, Mana yang Lebih Boros?

"(Tahun) 2011: kami menayangkan semua tayangan kami dengan kapasitas 1.000 kbps, 2015: encoding per judul. Sekarang: encoding pintar per shot," terang pihak Netflix dalam rilis resmi yang diterima KompasTekno, Sabtu (3/8/2019).

Netflix secara khusus menyoroti penggunanya di Indonesia yang disebut menghabiskan waktu dua kali lipat lebih banyak melakukan streaming via smartphone, dibanding pengguna di negara lain. Maka dari itu, Netflix turut menghadirkan fitur user interface adaptif.

Gunanya adalah menyesuaikan antarmuka pengguna (user interface) untuk smartphone Android enrty-level, sehingga lebih ringan saaat memuat video.

"Penyesuaian dilakukan dengan menyingkirkan gambar dan animasi berukuran besar, agar memori yang digunakan lebih sedikit," tulis Netflix.

Netflix juga membagikan beberapa fitur lain yang bisa dimaksimalkan. Seperti smart download yang akan mengunduh episode berikutnya dalam serial dan menghapus riwayat episode sebelumnya.

Baca juga: Cara Menghemat Pemakaian Data Internet untuk Menonton Netflix

Pengguna juga lebih mudah membagikan rekomendasi film atau serial di Netflix ke Instagram Stories, WhatsApp, atau Twitter.

Netflix juga mengimbau para orangtua untuk mengontrol tontonan putra-putrinya sesuai ketegori usia. Para orangtua bisa menggunakan PIN 4 digit yang bisa dipasang secara spesifik di setiap judul film yang tidak diinginkan orangtua untuk ditonton anak-anaknya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X