Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jaringan Telkomsel Berangsur Pulih Pasca-mati Listrik

Kompas.com - 04/08/2019, 20:57 WIB
Reska K. Nistanto

Editor

KOMPAS.com - Telkomsel terus berupaya maksimal untuk memulihkan layananan telekomunikasi akibat terputusnya pasokan listrik PLN di wilayah Jabodetabek, Banten, Jawa Barat dan sekitarnya pada hari ini, Minggu (4/8/2019).

Saat ini layanan komunikasi berangsur pulih, yaitu layanan SMS, suara, maupun data, serta transaksi aktivasi diklaim Telkomsel sudah dapat diakses dengan normal secara bertahap, oleh pelanggan Telkomsel.

Telkomsel mengatakan berupaya semaksimal mungkin untuk mempercepat pemulihan layanan telekomunikasi di wilayah-wilayah terdampak.

Salah satu upayanya adalah dengan mengoperasikan mobile back up power sebagai perangkat penunjang catuan listrik untuk keperluan proses recovery infrastruktur jaringan komunikasi.

Baca juga: Imbas Mati Listrik, Jaringan Seluler di Jakarta dan Jawa Barat Terganggu

"Kami memohon maaf atas ketidaknyaman akibat gangguan layanan telekomunikasi yang terjadi yang terkena dampak pemadaman pasokan listrik," kata Denny Abidin, Vice President Corporate Communications Telkomsel dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno.

Pantauan KompasTekno, hingga pukul 09.00 WIB, pasokan listrik di wilayah Jabodetabek sudah mulai berangsur pulih.

Mati listrik hari ini terjadi selama sekitar delapan jam, di wilayah Jakarta dan Jawa Barat, antara lain Bandung, Bekasi, Cianjur, Cimahi, Cirebon, Garut, Karawang, Purwakarta, Majalaya, Sumedang, Tasikmalaya, Depok, Gunung Putri, Sukabumi dan Bogor.

Baca juga: Mati Listrik Hari Ini di Jakarta dan Jawa Barat, Netizen Keluhkan Jaringan Seluler

Pemadaman terjadi karena adanya gangguan pada transmisi sutet 500kv PLN di Jawa Barat, kemudian gas turbin 1 hingga 6 Suryalata mengalami trip dan gas turbin 7 mengalami off.

"Kami memohon maaf sebesar-besarnya untuk pemadaman yang terjadi. Saat ini upaya penormalan terus kami lakukan. Bahkan beberapa gardu induk sudah berhasil dinyalakan" kata Executive VP Corporate Communication & CSR PLN, I Made Suprateka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com