Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mati Listrik di Jawa Muncul di Google Maps

Kompas.com - 05/08/2019, 13:18 WIB
Yudha Pratomo,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemadaman listrik (black out) yang terjadi di sebagian wilayah Pulau Jawa turut muncul dalam aplikasi Google Maps.

Aplikasi peta tersebut memperlihatkan informasi lokasi mana saja yang terdampak mati listrik secara garis besar, yakni Jawa Barat, Jakarta dan sebagian Banten.

"Perusahaan Listrik Negara Indonesia PLN hari Minggu memperkirakan bahwa dibutuhkan waktu beberapa jam unutk mengembalikan aliran listrik ke Jakarta setelah pemadaman besar," bunyi keterangan yang tertulis di Google Maps, mengutip dari Reuters.

Baca juga: Mati Listrik, Ini 10 Cara Hemat Baterai Smartphone


Google Maps versi mobile menampilkan peta lokasi pemadaman listrik. Yudha Pratomo/KompasTekno Google Maps versi mobile menampilkan peta lokasi pemadaman listrik.
Ada juga sebuah tombol untuk memperoleh informasi terkini terkait pemadaman listrik.

Apabila di-klik, tombol berlabel "See latest updates" tersebut menampilkan hasil pencarian Google seputar mati listrik di pulau Jawa.

Pantauan KompasTekno, Senin (5/8/2019), informasi soal pemadaman listrik ditampilkan di Google Maps baik versi desktop maupun mobile. 

Selain itu, search engine Google sendiri di alamat Google.com akan ikut menampilkan keterangan dari Maps apabila pengguna memasukkan kata kunci yang berhubungan dengan pemadaman listrik misalnya "listrik padam", "mati lampu", atau "pemadaman listrik".

Pengguna juga bisa membagikan informasi hasil pencarian tersebut melalui Facebook, Twitter dan e-mail melalui link khusus.

Google sendiri melabeli kejadian mati listrik di Pulau Jawa ini sebagai "peringatan SOS" yang artinya keadaan darurat yang disebabkan manusia atau alam.

Peringatan SOS ini dilihat dari beberapa faktor, seperti konektivitas internet di area yang terkena dampak, skala krisis, serta dampak yang ditimbulkan.

Baca juga: Kapan Listrik Nyala Hari Ini Bisa Dicek di Situs Pelita PLN

Wilayah Jawa Barat, Jakarta, dan sebagian wilayah Banten mengalami pemadaman listrik yang bermula dari adanya gangguan di SUTET 500 kV Ungaran-Pemalang pada Minggu, (4/8/2019) siang kemarin.

Di saat yang sama, listrik di daerah Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Bali tetap berjalan normal. Kemudian, pukul 11.48 WIB daerah Jawa Barat dan DKI Jakarta padam secara serentak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com