Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Uji Coba Play Pass untuk Langganan Game dan Aplikasi Android

Kompas.com - 05/08/2019, 20:54 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selain membeli langsung, pengguna Android agaknya bakal memiliki cara alternatif untuk memperoleh aneka aplikasi dan game premium, yakni lewat mekanisme langganan.

Mekanisme dimaksud kabarnya bernama "Play Pass" dan sedang diuji coba oleh Google. Konsepnya mirip dengan Apple Arcade untuk iOS yang sudah hadir lebih dulu awal tahun ini, tapi biaya langganannya lebih murah.

Baca juga: Deretan Aplikasi dan Game Android Terbaik Pilihan Google 2019

Apple diketahui mematok harga langganan bulanan Arcade sebesar 7,99 dollar AS (Rp 115.000) per bulan. Sementara, Google Play Pass disebutkan menarik biaya 4,99 dollar AS (Rp 72.000).

Sebuah bocoran screenshot Play Pass berisi keterangan yang menyebutkan bahwa pelanggan akan memperoleh akses ke "ribuan game dan aplikasi premium tanpa iklan, biaya unduhan, maupun pembelian dalam aplikasi (in-app purchase)".

Tangkapan layar Google Play PassAndroid Police Tangkapan layar Google Play Pass

Seorang juru bicara Google mengatakan bahwa Play Pass memang benar-benar ada dan sedang diuji coba, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Android Authority, Senin (5/8/2019).

Baca juga: Game Klasik "Doom" Kini Bisa Dimainkan di Android

Namun, biaya langganan yang disebut di atas masih ada kemungkinan berubah.

Model berlangganan pun belum diketahui apakah bisa menarik minat pengguna aplikasi dan game Android atau tidak. Sebab, selama ini pengguna Android cenderung lebih sedikit belanja untuk aplikasi ketimbang iOS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com