Google Tutup Aplikasi Google Trips

Kompas.com - 06/08/2019, 09:26 WIB
Ilustrasi keterangan yang ada di situs Google Trips TechCrunchIlustrasi keterangan yang ada di situs Google Trips

KOMPAS.com - Setelah menyetop aplikasi Google Allo dan Inbox beberapa waktu lalu, Google kembali menutup salah satu aplikasi besutannya yaitu Google Trips.

Aplikasi panduan serta rencana perjalanan yang sudah berumur 3 tahun itu (pertama diluncurkan September 2016) bakal resmi ditutup mulai 5 Agustus waktu server setempat.

Pantauan KompasTekno di aplikasi Google Trips, ketika pengguna membuka aplikasi tersebut, mereka akan disodori informasi bahwa Google bakal menutup aplikasi tersebut hari ini, Selasa (6/8/2019).

Ilustrasi keterangan resmi Google di Google TripsKOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi keterangan resmi Google di Google Trips

"Kami mengucapkan selamat tinggal kepada Google Trips 6 Agustus," kata Google melalui aplikasi Google Trips.

Baca juga: Google Tutup Layanan Penyingkat Alamat Situs Web

"Fitur-fitur favorit pengguna (di Google Trips) bakal hadir di Google Search dan Google Maps, jadi pengguna bisa melanjutkan untuk merencanakan perjalanan dengan Google," imbuh keterangan tersebut. 

Tidak hanya di aplikasi saja, keterangan yang sama juga bakal ditemukan di situs Google Trips.

Belum diketahui apa alasan Google menyetop aplikasi yang didesain khusus untuk merencanakan liburan tersebut.

Namun, Google sepertinya ingin fokus mengembangkan aplikasi navigasi miliknya, Google Maps, yang tampak tumpang-tindih dengan aplikasi Google Trips.

Arti tumpang-tindih di sini adalah pengguna bisa menemukan fitur Google Trips di layanan Google lainnya.

Di aplikasi Google Maps atau melalui Google Search, misalnya, pengguna juga bisa mencari bahkan memesan restoran atau hotel secara langsung.

Baca juga: Google Plus Tutup 2 April dan Diabadikan Internet Archive

Nah, untuk pengguna setia yang masih ingin menggunakan fitur-fitur yang ada di Google Trips agaknya tak perlu khawatir.

Sebab, sejumlah fitur di aplikasi tersebut, seperti catatan perjalanan, daftar tempat wisata yang disimpan, dan daftar reservasi tempat, nantinya dapat ditemukan di Google Search dan Google Maps, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TechCrunch, Selasa (6/8/2019).

Kendati begitu, belum ada informasi kapan fitur-fitur Google Trips ini hadir di Google Maps atau di layanan pencari Google. Kita tunggu saja.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X