Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Galaxy Note 10 Bisa Dikendalikan dengan Stylus S Pen Tanpa Menyentuh Layar

Kompas.com - 08/08/2019, 08:53 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung Galaxy Note 10 dan Galaxy Note+ yang diperkenalkan dalam acara Galaxy Unpacked di New York, Amerika Serikat, Kamis (8/8/2019) dini hari tadi, memiliki kemampuan baru menyangkut aksesori pendamping S Pen.

Ibarat tongkat sihir, stylus tersebut kini bisa dipakai untuk menjalankan sejumlah fungsi di duo Galaxy Note 10 tanpa menyentuh layar, cukup dengan menggerakkan S Pen di udara.

Misalnya, goyangkan S Pen ke kiri, kanan, atas, atau bawah untuk berpindah antara kamera depan dan belakang serta mengganti-ganti mode pengambilan gambar di aplikasi kamera.

Untuk zoom in/out pun demikian dan bisa dilakukan dengan menggerakkan S Pen secara melingkar searah jarum jam atau berlawanan. Dengan menekan tombol di stylus, Galaxy Note 10 pun menjepret foto. Semuanya bisa dilakukan tanpa perlu penyentuh ponsel.

Selain di aplikasi kamera, kendali gestur S Pen Galaxy Note 10 yang disebut sebagai “Air gesture” ini bisa juga diterapkan untuk aplikasi lain. Contohnya, mengganti-ganti slide di peresentasi Power Point, juga mengendalikan Spotify dan YouTube.

Baca juga: Harga Samsung Galaxy Note 10 dan Note 10 Plus di Indonesia

Samsung membuka Software Development Kit (SDK) untuk Air gesture S Pen supaya para pengembang aplikasi nantinya isa menerapkan kendali berbasis gestur di udara tersebut di software masing-masing. Dengan kata lain, fungsi Air gesture bisa dikembangkan lebih jauh.

“Dengan membuka SDK Air action, para developer dapat membuat mekanisme kendali yang memberikan kemampuan untuk bermain game atau menggunakan apliaksi favorit dengan gestur,” sebut Samsung dalam sebuah laman keterangan tentang lini Galaxy Note 10.

Rahasia Air action ada di serangkaian sensor baru yang dibenamkan di S Pen Galaxy Note 10 dan Note 10+. Stylus tersebut kini memiliki 6-axis motion sensor, termasuk accelerometer dan gyroscope.

Aneka sensor itu digunakan untuk mengetahui posisi S Pen di udara dan ke mana arah geraknya. seperti dilaporkan jurnalis Kompas.com, Wahyunanda Kusuma, langsung dari acara peluncuran Galaxy Note 10 di Barclay Center, New York, AS.

Kemudian, S Pen terhubung ke ponsel secara nirkabel lewat sambungan Bluetooth yang pertama kali dikenalkan di Galaxy Note 9.

Baca juga: Fungsi Baru S Pen Galaxy Note 9, Tombol Selfie dan Pengontrol Presentasi

Kendali dengan gestur gerakan di udara sebenarnya bukan hal baru. LG G8 keluaran awal tahun ini memiliki fitur serupa. Demikian juga dengan Google Pixel 4 yang kabarnya akan meluncur dalam waktu dekat.

Samsung sendiri pernah menerapkan fitur “Air Gesture” di Galaxy S4 keluaran 2013. Namanya sama dengan fitur di Galaxy Note 10. Hanya saja, kali ini penerapannya menggunakan perangkat stylus dan fungsinya lebih canggih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com