Penampilan Lengkap Samsung Galaxy Note 10, Langsung dari New York

Kompas.com - 08/08/2019, 14:05 WIB
Galaxy Note 10 Plus. KOMPAS.com/Wahyunanda Kusuma PertiwiGalaxy Note 10 Plus.

NEW YORK, KOMPAS.com - Duo smartphone kelas atas Galaxy Note 10 dan Galaxy Note 10+ dari Samsung akhirnya resmi meluncur pada Kamis (8/8/2019) dini hari waktu Indonesia.

Jurnalis KompasTekno Wahyunanda Kusuma Pertiwi yang hadir langsung di lokasi acara di New York, Amerika Serikat ikut menjajal dan memotret kedua ponsel ini dari berbagai sisi.

Baik Samsung Galaxy Note 10 maupun Galaxy Note 10+ sama-sama mengusung layar "Infinity-O". Bagian layar nyaris sepenuhnya memenuhi bagian depan kedua perangkat, dengan lubang di atas untuk menaruh modul kamera depan.

Baca juga: Samsung Galaxy Note 10 dan Galaxy Note 10+ Resmi Meluncur

Samsung mengenalkan layar jenis ini lewat Galaxy S10 dan S10+ yang meluncur awal tahun ini. Namun keduanya memiliki lubang layar di pojok kanan atas, sementara lubang Galaxy Note 10 berada tepat di tengah atas layar smartphone.

Galaxy Note 10 "reguler" mengusung layar berukuran 6,3 inci (resolusi 1.080 x 2.280 piksel), sementara Galaxy Note 10+ memiliki layar yang lebih besar, yaitu 6,8 inci (resolusi 1.440 x 3.040 piksel).

Samsung Galaxy Note 10 resmi meluncur global, Kamis (8/8/2019).KOMPAS.com/Wahyunanda Kusuma Pertiwi Samsung Galaxy Note 10 resmi meluncur global, Kamis (8/8/2019).

Samsung Galaxy Note 10 mengusung konsep desain smartphone yang ujung-ujungnya terlihat "kotak". Desain itu menghasilkan kesan yang tegas. Namun layar yang melengkung di sisi-sisinya juga sekaligus membuatnya elegan.

Melihatnya dari sisi samping, ponsel ini terlihat ramping dengan ketebalan kurang dari 8 mm (7,9 mm). Bobotnya pun masih di bawah 200 gram, di mana Galaxy Note 10 berbobot 168 gram sementara Galaxy Note 10 Plus berbobot 196 gram.

Samsung juga menempatkan tombol daya ke sisi kiri smartphone, sejajar dengan tombol volume up and down. Sebelumnya, di lini Galaxy S10 dan S10 Plus, tombol di bawah volume adalah tombol asisten digital Bixby.

Tombol Bixby tersebut kini dihilangkan, sehingga memberi ruang untuk tombol daya kembali ke kiri, dan sisi kanan smartphone terlihat mulus tanpa tombol.

Baca juga: Galaxy Note 10 Bisa Dikendalikan dengan Stylus S Pen Tanpa Menyentuh Layar

Fitur lain yang dihilangkan Samsung adalah colokan (lubang) audio 3,5 mm untuk earphone, digantikan oleh port USB C yang bersifat hybrid, bisa untuk mengecas baterai sekaligus berfungsi sebaagai port audio.

Samsung menyertakan earphone dengan colokan USB C dalam kemasan pembelian.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X