Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Galaxy Note 10 Tak Punya Colokan Earphone, Ini Alasannya

Kompas.com - 08/08/2019, 15:33 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

NEW YORK, KOMPAS.com - Samsung baru saja meluncurkan Galaxy Note 10 dan Galaxy Note 10 Plus pada hari Kamis (8/8/2019) dini hari tadi waktu Indonesia. Meski bertabur fitur baru, ada sesuatu yang menghilang dari kedua ponsel, yakni port jack audio 3,5mm.

Padahal, ponsel flagship Samsung sebelumnya selalu menghadirkan konektor tersebut. Tanda-tanda dihapusnya port audio 3,5mm dari Galaxy Note 10 sebenarnya sudah terendus sejak lama. Ponsel menengah Galaxy A80 keluaran 2019 pun tak lagi memiliki konektor tersebut.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy Note 10 dan Galaxy Note 10 Plus

Lantas apa alasan Samsung melenyapkan port audio 3,5mm dari dua ponsel high-end teranyar besutannya? Head of Product Management, IT & Mobile Business Samsung Electronics Indonesia, Denny Galant mengatakan sebabnya berkaitan dengan kualitas suara.

"Jack 3,5 mm menggunakan sinyal analog, jadi keluarannya (output) cuma audio. Kalau pakai USB Type-C bisa audio dan power," kata Denny kepada jurnalis Kompas.com, Wahyunanda Kusuma, di sesi acara Galaxy Unpacked di New York, AS, Rabu (7/8/2019) waktu setempat.

Menurut Denny, dengan memakai USB type-C, fitur-fitur pendukung kualitas suara seperti noise cancellation bisa lebih dimaksimalkan.

Baca juga: Penampilan Lengkap Samsung Galaxy Note 10, Langsung dari New York

Sinyal audio yang disalurkan pun bersifat digital, bukan analog seperti jack 3,5mm. "Hasilnya lebih maksimal karena keluarannya memakai sinyal digital," imbuh denny.

Kendati demikian, pengguna  yang kadung memiliki earphone/ headset andalan dengan konektor 3,5mm tetap bisa menancapkan perangkat tersebut ke Galaxy Note 10 dan Note 10+ dengan bantuan dongle USB type-C ke analog 3,5mm.

Di dalam kemasan penjualan kedua ponsel pun disediakan sepasang earphone USB type-C. Alternatif lainnya, pengguna bisa memakai earphone/ headset wireless seperti Galaxy Buds dengan Samsung Galaxy Note 10 dan Galaxy Note 10+.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com