Samsung Galaxy Note 10 Tak Punya Colokan Earphone, Ini Alasannya

Kompas.com - 08/08/2019, 15:33 WIB
Super fast charging Galaxy Note 10, bisa diisi 100 persen dalam 30 menit.KOMPAS.com/Wahyunanda Kusuma Pertiwi Super fast charging Galaxy Note 10, bisa diisi 100 persen dalam 30 menit.

NEW YORK, KOMPAS.com - Samsung baru saja meluncurkan Galaxy Note 10 dan Galaxy Note 10 Plus pada hari Kamis (8/8/2019) dini hari tadi waktu Indonesia. Meski bertabur fitur baru, ada sesuatu yang menghilang dari kedua ponsel, yakni port jack audio 3,5mm.

Padahal, ponsel flagship Samsung sebelumnya selalu menghadirkan konektor tersebut. Tanda-tanda dihapusnya port audio 3,5mm dari Galaxy Note 10 sebenarnya sudah terendus sejak lama. Ponsel menengah Galaxy A80 keluaran 2019 pun tak lagi memiliki konektor tersebut.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy Note 10 dan Galaxy Note 10 Plus

Lantas apa alasan Samsung melenyapkan port audio 3,5mm dari dua ponsel high-end teranyar besutannya? Head of Product Management, IT & Mobile Business Samsung Electronics Indonesia, Denny Galant mengatakan sebabnya berkaitan dengan kualitas suara.

"Jack 3,5 mm menggunakan sinyal analog, jadi keluarannya (output) cuma audio. Kalau pakai USB Type-C bisa audio dan power," kata Denny kepada jurnalis Kompas.com, Wahyunanda Kusuma, di sesi acara Galaxy Unpacked di New York, AS, Rabu (7/8/2019) waktu setempat.

Menurut Denny, dengan memakai USB type-C, fitur-fitur pendukung kualitas suara seperti noise cancellation bisa lebih dimaksimalkan.

Baca juga: Penampilan Lengkap Samsung Galaxy Note 10, Langsung dari New York

Sinyal audio yang disalurkan pun bersifat digital, bukan analog seperti jack 3,5mm. "Hasilnya lebih maksimal karena keluarannya memakai sinyal digital," imbuh denny.

Kendati demikian, pengguna  yang kadung memiliki earphone/ headset andalan dengan konektor 3,5mm tetap bisa menancapkan perangkat tersebut ke Galaxy Note 10 dan Note 10+ dengan bantuan dongle USB type-C ke analog 3,5mm.

Di dalam kemasan penjualan kedua ponsel pun disediakan sepasang earphone USB type-C. Alternatif lainnya, pengguna bisa memakai earphone/ headset wireless seperti Galaxy Buds dengan Samsung Galaxy Note 10 dan Galaxy Note 10+.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X