Kapan iPhone Layar Lipat Apple Meluncur?

Kompas.com - 09/08/2019, 06:52 WIB
Ilustrasi logo Apple di depan Apple Store Beijing KOMPAS.com/Bill ClintenIlustrasi logo Apple di depan Apple Store Beijing

KOMPAS.com - Samsung dan Huawei sudah lebih dulu memerkenalkan ponsel layar lipat milik mereka pada tahun ini. Tak seperti Samsung dan Huawei yang saling berlomba, Apple tampaknya tidak tergesa-gesa untuk merilis perangkat dengan layar lipat.

Bahkan sampai sekarang, belum ada kabar resmi apapun dari Apple terkait keberadaan ponsel tersebut. Namun lembaga analis UBS, meramalkan perangkat dengan layar lipat milik Apple akan diperkenalkan pada 2021 mendatang.

UBS memprediksi Apple mula-mula akan merilis iPad dengan layar lipat pada 2021, kemudian dilanjutkan dengan seri iPhone layar lipat setelahnya.

"Ini menunjukkan bahwa industri akan perlu bekerja untuk mengurangi biaya produksi perangkat layar lipat, agar bisa diluncurkan sebagai kategori produk," ungkap pihak UBS.

Baca juga: Ponsel Layar Lipat Huawei Mate X Ditunda Hingga September

Dikutip KompasTekno dari Cnet, Jumat (9/8/2019), UBS pun kabarnya telah melakukan survei dan hasilnya sepertiga dari responden menunjukkan minat yang cukup tinggi untuk membeli perangkat layar lipat.

"Pelanggan Apple bersedia untuk membayar 600 dollar AS lebih banyak untuk mendapatkan produk perangkat layar lipat di tangan mereka," kata UBS.

Perangkat layar lipat saat ini memang tengah menjadi primadona baru bagi para vendor smartphone. Tak hanya Samsung dan Huawei, brand lain, seperti Xiaomi dan Oppo pun juga turut meramaikan.

Pada Oktober tahun lalu, sebuah bocoran mengungkap kabar bahwa Apple sudah mendaftarkan paten rancangan iPhone dengan layar lipat di Kantor Paten dan Merek Dagang AS (USPTO).

Kabar tersebut mengatakan, Apple sudah mengajukan paten itu pada September 2016 dan baru diloloskan USPTO pada 2018.

Baca juga: Smartphone Layar Lipat Diprediksi Sulit Laku

Dalam deskripsi paten, display iPhone lipat kemungkinan akan dipasangkan ke engsel secara tumpang tindih. Engineer yang terlibat dalam perancangan konsep perangkat di paten membeberkan dua kemungkinan cara menutup layar.

Apple pun mendaftarkan segala kemungkinan konsep iPhone lipat. Mulai dari engsel yang tersambung dengan tiga atau empat sekat, engsel dengan lubang, engsel yang terbentuk dari struktur pendukung yang fleksibel, dan engsel yang didasarkan dari struktur layar fleksibel.

Konsep ponsel lipat memang telah santer sejak tahun 2013. Selain paten di ini, Apple memiliki paten lain yang masih terkait dengan konsep foldable phone.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber CNET
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X