Oppo Geser Apple di Pasar Ponsel Global

Kompas.com - 09/08/2019, 11:03 WIB
Ilustrasi Apple Store di Jewel Changi Airport, SingapuraApple Ilustrasi Apple Store di Jewel Changi Airport, Singapura

KOMPAS.com - Apple kian tergerus oleh vendor smartphone lain. Oppo misalnya, kini menggeser posisi Apple dan menjadi vendor ponsel ketiga terbesar di dunia setelah Samsung dan Huawei.

Hal itu ditaksir berdasarkan laporan pangsa pasar smartphone global kuartal kedua (Q2) tahun 2019 yang dirilis oleh firma peneliti pasar, IHSMarkit.

Dalam laporan tersebut, pangsa pasar Apple kini tercatat hanya berkisar 11 persen, serupa dengan Oppo yang duduk di atasnya.

Kendati begitu, jumlah unit ponsel yang dikapalkan oleh Oppo dicatat lebih banyak 900.000 unit dibandingkan dengan Apple.

Baca juga: iPhone Kian Terdesak oleh Ponsel-ponsel China

Ilustrasi daftar urutan vendor smartphone global kuartal kedua tahun 2019 (Q219).BusinessInsider Ilustrasi daftar urutan vendor smartphone global kuartal kedua tahun 2019 (Q219).

Di atas Oppo sendiri ada Huawei dengan pangsa pasar 18 persen dengan pengapalan ponsel 58,7 juta unit, serta Samsung yang masih merajai pasaran smartphone global dengan market share 23 persen, dan tercatat telah mengkapalkan 75,1 juta unit ponsel.

Di sisi lain, ada Xiaomi, Vivo, LG, dan Motorola yang masing-masing memiliki pangsa pasar 10 persen, 9 persen, 3 persen, dan 3 persen. 

Pangsa pasar Apple terus turun

Nah, jika dilihat ke belakang, pangsa pasar Apple terus menunjukkan penurunan, meski naik 1 persen pada kuartal pertama (Q1) tahun ini.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X