Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oppo Geser Apple di Pasar Ponsel Global

Kompas.com - 09/08/2019, 11:03 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber IHS Markit

KOMPAS.com - Apple kian tergerus oleh vendor smartphone lain. Oppo misalnya, kini menggeser posisi Apple dan menjadi vendor ponsel ketiga terbesar di dunia setelah Samsung dan Huawei.

Hal itu ditaksir berdasarkan laporan pangsa pasar smartphone global kuartal kedua (Q2) tahun 2019 yang dirilis oleh firma peneliti pasar, IHSMarkit.

Dalam laporan tersebut, pangsa pasar Apple kini tercatat hanya berkisar 11 persen, serupa dengan Oppo yang duduk di atasnya.

Kendati begitu, jumlah unit ponsel yang dikapalkan oleh Oppo dicatat lebih banyak 900.000 unit dibandingkan dengan Apple.

Baca juga: iPhone Kian Terdesak oleh Ponsel-ponsel China

Ilustrasi daftar urutan vendor smartphone global kuartal kedua tahun 2019 (Q219).BusinessInsider Ilustrasi daftar urutan vendor smartphone global kuartal kedua tahun 2019 (Q219).

Di atas Oppo sendiri ada Huawei dengan pangsa pasar 18 persen dengan pengapalan ponsel 58,7 juta unit, serta Samsung yang masih merajai pasaran smartphone global dengan market share 23 persen, dan tercatat telah mengkapalkan 75,1 juta unit ponsel.

Di sisi lain, ada Xiaomi, Vivo, LG, dan Motorola yang masing-masing memiliki pangsa pasar 10 persen, 9 persen, 3 persen, dan 3 persen. 

Pangsa pasar Apple terus turun

Nah, jika dilihat ke belakang, pangsa pasar Apple terus menunjukkan penurunan, meski naik 1 persen pada kuartal pertama (Q1) tahun ini.

Jika dibandingkan dengan kuartal kedua tahun 2019, pangsa pasar Apple sendiri turun 2 persen dari kuartal sebelumnya (Q1), serta turun 1 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama (Q2) di tahun 2018.

Baca juga: Alasan Pembeli Oppo Reno 10x Zoom Beralih dari iPhone ke Android

Penurunan performa Apple di ranah smartphone global ini, menurut para analis, disebabkan oleh pengguna iPhone yang tetap teguh menggunakan ponsel lama mereka (tidak membeli ponsel baru).

Harga iPhone yang mahal, serta maraknya program trade-in atau tukar tambah ponsel lama dengan ponsel baru, juga disebut berkontribusi pada minat pembeli.

Hal itu kemudian berpengaruh pula pada penjualan iPhone seri terbaru, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari IHSMarkit, Jumat (9/8/2019).

Terkait iPhone seri terbaru, Apple sendiri dikabarkan tengah bersiap untuk meluncurkan iPhone seri teranyarnya, yaitu iPhone 11. Penerus seri iPhone XS ini konon bakal diluncurkan akhir September mendatang.

Lantas, akankah iPhone 11 bisa menjadi "pahlawan" untuk menyelamatkan pangsa pasar Apple di kancah smartphone global? Hanya waktu yang bisa menjawab.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber IHS Markit


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com