Huawei Resmikan Hongmeng, Sistem Operasi Pengganti Android

Kompas.com - 09/08/2019, 17:32 WIB
Ilustrasi ponsel Huawei. IstimewaIlustrasi ponsel Huawei.

KOMPAS.com - Setelah informasinya sempat simpang-siur, sistem operasi Hongmeng bikinan Huawei akhirnya resmi meluncur. OS alternatif Android itu diumumkan oleh Kepala Bisnis Konsumen Huawei Richard Yu dalan sebuah acara di Dongguan China, Jumat (9/8/2019) ini.

Hongmeng merupakan panggilan sang OS dalam bahasa China. Julukannya dalam bahasa Inggris adalah HarmonyOS. Jadi, keduanya adalah sistem operasi yang sama. 

OS Hongmeng alias Harmony dikembangkan dari Android versi open source (AOSP) sebagai antisipasi apabila Huawei tak bisa lagi menggunakan Android besutan Google.

Baca juga: Apa yang Beda Jika Ponsel Huawei Tak Pakai Android?

Hubungan Huawei dengan perusahaan-perusahaan AS -termasuk Google- memang memburuk semenjak raksasa China itu dimasukkan dalam daftar hitam untuk urusan perdagangan bernama "entity list", Mei lalu.

"(Huawei) akan membawa lebih banyak harmoni dan kenyaman bagi dunia," ujar Yu ketika memperkenalkan Hongmeng," dirangkum KompasTekno dari AFP. Dia sesumbar Hongmeng memiliki keamanan dan kinerja tinggi, serta berbeda dari Android maupun iOS. 

Salah satu aspek terpenting dari Hongmeng adalah OS tersebut bisa dipasang di berbagai macam perangkat, mulai dari smartphone, speaker pintar, hingga sensor. Untuk tahap awal, Hongmeng akan digunakan di smart TV.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Ponsel Hongmeng Meluncur Akhir 2019, Harganya?

Sesuai dengan rumor yang beredar selama ini, Yu membenarkan bahwa Hongmeng antara lain memang ditujukan sebagai alternatif Android untuk ponsel Huawei.

"Kalau Anda tanya kapan ini (HongMeng) akan diaplikasikan ke smartphone, kami bisa melakukannya kapan saja," ujar Yu. Meski begitu, dia menambahkan bahwa Huawei tetap lebih suka memakai Android dari Google untuk ponselnya.

Hongmeng, karena itu, lebih ditujukan sebagai cadangan Android. "Kalau kami tak bisa memakai Android di masa depan, kami akan segera beralih memakai Harmony OS," pungkas Yu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.