Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stylus S Pen di Samsung Galaxy Note 10 Makin Canggih, Ini Fitur Barunya

Kompas.com - 10/08/2019, 10:29 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

NEW YORK, KOMPAS.com - Samsung tidak hanya merombak desain Galaxy Note 10 dan Note 10+ dibanding para pendahulunya. Fitur-fitur baru juga ditambahkan untuk memenuhi kebutuhan penggunanya yang kebanyakan berasal dari kalangan profesional mobile.

Salah satunya disematkan pada S Pen. Di Galaxy Note 9 tahun lalu, S Pen telah dilengkapi teknologi bluetooth low energy (BLE) yang berfungsi sebagai pengontrol jarak jauh untuk kamera. Di Galaxy Note 10 kali ini, fungsinya semakin kaya.

Baca juga: Galaxy Note 10 Bisa Dikendalikan dengan Sylus S Pen Tanpa Menyentuh Layar

"Sudah ditambah fungsi gestur untuk zooming gambar, flip camera," jelas Denny Galant, Head of Product Marketing IT&Mobile Samsung Electronics Indonesia dalam peluncuran Galaxy Note 10 dan Note 10 Plus di New York, AS, Kamis (8/8/2019) yang turut dihadiri Kompas Tekno.

Stylus S Pen di Galaxy Note 10 kini memiliki sensor gyroscope  yang mendukung gestur berbasis gerakan tangan bernama Air Action. Pengguna bisa mengendalikan perangkat tanpa menyentuh layar,

Misalnya, cukup dengan mengayunkan S Pen dari atas ke bawah di udara untuk beralih dari kamera depan ke belakang atau sebaliknya. Mode kamera juga bisa diganti dengan gerakan mengayun ke kiri atau kanan.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy Note 10 dan Note 10 Plus

S Pen di Galaxy Note 10 dan Note 10+ juga bisa digunakan untuk memperbesar (zooming) atau memperkecil saat pengambilan gambar dengan melakukan gerakan memutar.

Selain itu, untuk membuatnya semakin mutakhir, Samsung membuka kesempatan SDK S Pen untuk bagi para developer aplikasi pihak ketiga. Aneka gestur baru S Pen pun nantinya bisa dipakai untuk mengendallikan aplikasi lain di luar buatan Samsung.

"Jadi tidak menutup kemungkinan nanti bisa dikembangkan untuk aplikasi, termasuk aplikasi game," imbuh Denny.

S Pen kini juga medukung fitur AR bernama AR Doodle. Pengguna bisa membuat konten AR sendiri dengan menggambar (doodling) menggunakan S Pen di video tangkapan kamera Galaxy Note 10.

Baca juga: Dua Fitur Unik Galaxy Note 10, Bisa Melukis Video dan 3D Scanner

Pengguna S Pen juga dipermudah untuk bekerja secara mobile. Pasalnya, Samsung menyematkan fitur converter yang bisa mengubah tulisan tangan di notes ke dalam teks. Teks tersebut bisa disimpan ke dalam bentuk file PDF maupun Microsoft Word.

Pengguna Galaxy Note 10 dan Note 10+ juga bisa memberikan warna khusus atau highlight kata-kata tertentu di notes. Teks juga diperbesar atau diperkecil dengan pinch to zoom.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com