Jakarta Masuk Daftar Kota Potensial Ekosistem Startup Global

Kompas.com - 11/08/2019, 14:10 WIB
Jakarta masuk dalam daftar kota dengan ekosistem startup potensial di duniaIstimewa Jakarta masuk dalam daftar kota dengan ekosistem startup potensial di dunia

KOMPAS.com - Kota Jakarta termasuk di dalam daftar kota-kota dengan ekosistem startup potensial di ranah global.

Berdasarkan laporan Global Startup Ecosystem Report (GSER) tahun 2019 yang dirilis oleh Startup Genome pada Mei lalu, Jakarta merupakan kompetitor kuat yang setara dengan kota-kota besar di dunia, seperti Seoul (Korea Selatan), Moskow (Rusia), dan Tokyo (Jepang).

Jakarta menjadi kota yang mampu bersaing di kancah global lantaran kota ini merupakan rumah bagi empat startup unicorn Indonesia, yaitu Tokopedia, Go-Jek, Traveloka, dan Bukalapak.

Baca juga: Asal Usul Kata "Unicorn" di Industri "Startup", Mengapa Bisa Dipakai?

Unicorn sendiri merupakan sebutan untuk startup yang telah memiliki nilai valuasi lebih dari 1 miliar dollar AS.

Startup Genome memposisikan Jakarta sebagai kota dengan ekosistem startup yang berada di dalam fase “Late-Globalization”.

Fase ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan kota dengan ekosistem startup yang berada di dalam fase "Early-Globalization" dan fase "Activation".

Ilustrasi daftar kota penantang dengan ekosistem startup global yang potensialBEKRAF Ilustrasi daftar kota penantang dengan ekosistem startup global yang potensial

Lebih lanjut, laporan GSER menyebutkan sub-sektor paling unggul di Jakarta adalah industri fintech.

Sebab, laporan GSER menilai Indonesia memiliki tingkat adopsi teknologi internet dan mobile yang sangat tinggi, di mana 75% dari transaksi belanja online dilakukan dengan menggunakan perangkat mobile.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X