Google Sisipkan Game Tersembunyi di Android Q

Kompas.com - 12/08/2019, 08:29 WIB
Android Q. IstAndroid Q.
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Google terus menyisipkan tradisi game atau fitur tersembunyi ( easter egg) di dalam menu pengaturan ponsel yang diusung sistem operasi (OS) Android.

Pada OS Lollipop dan Marshmallow, misalnya, ada game tersembunyi mirip "Flappy Bird" yang bisa dimainkan secara langsung ketika pengguna mengetuk nomor versi OS di dalam menu "About Phone" secara berulang-ulang. 

Baca juga: Android Q Resmi Dikenalkan, Ini Fitur-fiturnya

Nah, kini OS Android teranyar Google, Android Q, juga memiliki easter egg yang tak kalah menarik dari kedua OS lawas tadi.

Easter egg Android Q versi Beta 6 ini berbentuk sebuah tampilan dengan latar belakang stripe berwarna abu-abu dan hitam dengan teks " android 10" di atasnya.

Teks "android" beserta angka "1" dan "0" ini lantas bisa digeser-geser hingga kemudian bisa pengguna susun agar menyerupai "Android Q". Ilustrasinya bisa dilihat pada gambar berikut.

Ilustrasi Easter Egg Android QKOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi Easter Egg Android Q

Uniknya, setelah angka "1" dan "0" berhasil dipindahkan sedemikian rupa hingga menyerupai teks huruf "Q", pengguna kemudian bisa mengetuk teks "Android Q" beberapa kali sehingga mereka bisa memainkan easter egg lainnya.

Easter egg kedua ini ini sejatinya mirip game Picross, di mana pengguna diharuskan membubuhkan titik-titik berwarna hitam di sejumlah kotak putih yang telah tersedia untuk mengungkap sebuah objek rahasia.

Baca juga: Daftar Smartphone yang Akan Kebagian Android Q Tahun Ini

Nah, jika pengguna kebetulan menggambar ikon-ikon yang mewakili salah satu fitur atau fungsi di ponsel, seperti logo volume misalnya, maka pengguna akan disodorkan dengan informasi yang mengatakan bahwa gambar tersebut memang mewakili fungsi volume.

Ilustrasi easter egg Android Q keduaAndroidPolice Ilustrasi easter egg Android Q kedua

Kendati begitu, lantaran masih versi beta, ada kemungkinan fitur easter egg ini bakal berubah di Android Q versi final, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari AndroidPolice, Senin (12/8/2019).

Sebab, easter egg biasanya ada korelasinya dengan nama OS itu sendiri, seperti OS Lollipop dengan easter egg game "Flappy Bird" yang pohon-pohonnya diganti dengan permen Lolipop.

Terkait hal itu, hingga saat ini, Google belum membocorkan apa nama kue atau makanan yang akan dipakai untuk Android Q.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X