Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Realme Siapkan Pengganti Antarmuka ColorOS Oppo

Kompas.com - 13/08/2019, 06:58 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber digit.in

KOMPAS.com - Realme sedang mengembangkan antarmuka sistem operasi yang berbasis Android Q terbaru.

Hal dumumkan oleh CEO Realme India, Madhav Sheth, pada ajang perkenalan teknologi quad-camera 64 megapiksel yang digelar pihak Realme di India beberapa hari lalu.

UI yang kabarnya bernama RealmeOS ini dimaksudkan sebagai pengganti antarmuka ColorOS besutan Oppo yang selama ini digunakan di ponsel-ponsel Realme.

Baca juga: Harga Nyaris Sama, Ini Bedanya Realme X dan Realme 3 Pro

Sheth tak menerangkan lebih lanjut soal calon antarmuka baru untuk smartphone Realme itu. Dia hanya mengatakan bahwa RealmeOS sedang dikembangkan oleh divisi riset dan pengembangan dengan mempertimbangkan masukan dari pengguna.

Sebelumnya, Realme memang telah menggelar beta testing untuk UI anyar tersebut pada Juli lalu. Tahap pengujian bernama "Project" X ini melibatkan segelintir pemilik ponsel Realme 3 Pro, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Digit.in, Selasa (13/8/2019).

Baca juga: Depak Asus, Realme Masuk 5 Besar Pabrikan Smartphone di Indonesia

Ada kemungkinan tampilan RealmeOS bakal mengambil inspirasi terinspirasi dari UI perusahaan-perusahaan kerabatnya yang sama-sama bernaung di bawah payung BBK Electronics, seperti ColorOS (Oppo) atau OxygenOS (OnePlus).

Mengingat Android Q sendiri baru akan dirilis menjelang akhir tahun ini, maka kemungkinan RealmeOS akan hadir pada 2020 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber digit.in


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com