Realme Siapkan Pengganti Antarmuka ColorOS Oppo

Kompas.com - 13/08/2019, 06:58 WIB
Suasana peluncuran Realme X di Beijing, China, Kamis (16/5/2019). KOMPAS.com/Bill ClintenSuasana peluncuran Realme X di Beijing, China, Kamis (16/5/2019).
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Realme sedang mengembangkan antarmuka sistem operasi yang berbasis Android Q terbaru.

Hal dumumkan oleh CEO Realme India, Madhav Sheth, pada ajang perkenalan teknologi quad-camera 64 megapiksel yang digelar pihak Realme di India beberapa hari lalu.

UI yang kabarnya bernama RealmeOS ini dimaksudkan sebagai pengganti antarmuka ColorOS besutan Oppo yang selama ini digunakan di ponsel-ponsel Realme.

Baca juga: Harga Nyaris Sama, Ini Bedanya Realme X dan Realme 3 Pro

Sheth tak menerangkan lebih lanjut soal calon antarmuka baru untuk smartphone Realme itu. Dia hanya mengatakan bahwa RealmeOS sedang dikembangkan oleh divisi riset dan pengembangan dengan mempertimbangkan masukan dari pengguna.

Sebelumnya, Realme memang telah menggelar beta testing untuk UI anyar tersebut pada Juli lalu. Tahap pengujian bernama "Project" X ini melibatkan segelintir pemilik ponsel Realme 3 Pro, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Digit.in, Selasa (13/8/2019).

Baca juga: Depak Asus, Realme Masuk 5 Besar Pabrikan Smartphone di Indonesia

Ada kemungkinan tampilan RealmeOS bakal mengambil inspirasi terinspirasi dari UI perusahaan-perusahaan kerabatnya yang sama-sama bernaung di bawah payung BBK Electronics, seperti ColorOS (Oppo) atau OxygenOS (OnePlus).

Mengingat Android Q sendiri baru akan dirilis menjelang akhir tahun ini, maka kemungkinan RealmeOS akan hadir pada 2020 mendatang.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber digit.in
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X