Telegram Bisa Kirim Pesan Senyap Tanpa Notifikasi

Kompas.com - 14/08/2019, 16:02 WIB
Ilustrasi fitur Slow Mode di update terbaru Telegram TelegramIlustrasi fitur Slow Mode di update terbaru Telegram
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Pembuat aplikasi chatting Telegram menyalurkan update terbaru untuk layanannya. Pembaruan terkini itu membawa sejumlah fitur anyar, termasuk Silent Messages alias “ pesan senyap”.

Sesuai namanya, Silent Messages bisa digunakan untuk mengirim pesan diam-diam. Ponsel penerimanya pun tidak akan mengeluarkan notifikasi suara, meskipun tak sedang berada dalam mode do not disturb.

Maksudnya tentu agar pesan tidak mengganggu atau menarik perhatian ketika diterima oleh lawan bicara. Untuk memakai Silent Message, pengguna Telegram cukup menahan tombol “Send”. Sebuah opsi akan ditampilkan untuk mengirim pesan tanpa suara.

Opsi pengiriman Silent Messages di aplikasi telegram. Perangkat penerimanya tidak akan mengeluarkan notifikasi suara (gambar bawah).Telegram Opsi pengiriman Silent Messages di aplikasi telegram. Perangkat penerimanya tidak akan mengeluarkan notifikasi suara (gambar bawah).
“Ini (Silent Message) berlaku juga untuk percakapan grup, misalnya ketika Anda tiba-tiba dapat ide bagus pukul lima pagi tapi tak mau membangunkan orang-orang,” sebut Telegram dalam sebuah posting blog.

Baca juga: Telegram Bisa Tambah Teman di Lokasi yang Sama, Tanpa Nomor Ponsel

Selain itu ada juga Slow Mode untuk memperlambat derasnya arus percakapan di grup.

Apabila diaktifkan oleh admin, maka masing-masing anggota grup hanya bisa mengirim sekali pesan dalam jangka waktu tertentu. Periodenya mulai 30 detik sekali hingga 1 jam sekali.

Pemilik grup juga bisa memberikan julukan kepada admin, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Rabu (14/8/2019).

“Gelar” ini akan ditampilkan di samping tulisan nama mereka dalam gelembung chat.

Fitur lainnya termasuk animasi emoji, attachment menu baru untuk Android, aksen warna untuk Night Mode di iOS, dan widget komentar. Penjelasan selengkapnya bisa dilihat di blog Telegram di tautan berikut.

Aplikasi Telegram versi terbaru yang berisi serangkaian fitur baru di atas sudah bisa diunduh di toko aplikasi Google Play Store dan Apple App Store.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber The Verge
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X