Begini Cara Mengecek Ponsel Xiaomi yang Resmi di Indonesia

Kompas.com - 15/08/2019, 07:07 WIB
Kotak kemasan Xiaomi dengan stiker Mi BunnyXiaomi Kotak kemasan Xiaomi dengan stiker Mi Bunny

KOMPAS.com - Xiaomi mulai menanggalkan stiker distributor Teletama Artha Mandiri ( TAM) sebagai penanda ponsel resminya di Indonesia.

Vendor asal China itu menggantinya dengan stiker baru yang menunjukkan bahwa ponsel Xiaomi diproduksi seluruhnya di Tanah Air.

Dengan begitu, tampilan depan kotak kemasan pun akan berubah.

Untuk lebih meyakinkan apakah ponsel Xiaomi yang akan dibeli adalah resmi atau "ori", bukan ilegal atau black market ( BM), calon pembeli bisa memperhatikan beberapa hal berikut:

Stiker Mi Bunny

Stiker ponsel resmi baru XiaomiXiaomi Indonesia Stiker ponsel resmi baru Xiaomi

Tidak adanya stiker TAM bukan berarti kotak kemasan depan ponsel Xiaomi polos sama sekali.
Xiaomi mulai memperkenalkan stiker baru secara bertahap sebagai penanda produk resmi. Stiker tersebut berlogo "Mi Bunny" atau kelinci yang identik dengan logo perusahaan itu.

Logo Mi Bunny terletak di tengah bidang persegi panjang bernuansa jingga khas Xiaomi. Di sisi atas terdapat tulisan "Garansi Resmi Xiaomi" dan di bagian bawah tertulis "Kami Buatan Indonesia" yang semuanya tertulis dengan huruf kapital warna putih.

Stiker ini tertempel di sisi kanan atas kotak kemasan bagian depan ponsel Xiaomi resmi.

Kotak kemasan belakang

Ciri-ciri ponsel resmi XiaomiXiaomi Indonesia Ciri-ciri ponsel resmi Xiaomi
Ciri-ciri ponsel resmi juga bisa dilihat di bagian belakang kotak kemasan. Perhatikan baik-baikperusahaan yang tertera di bawah kata "Untuk", yakni PT. Xiaomi Technology Indonesia. Di bagian produksi tertulis PT Sat Nusapersada Tbk. yang berlokasi di Batam, Kepulauan Riau.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X