Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Snapchat Rilis Kacamata Hitam dengan Kamera 3D

Kompas.com - 15/08/2019, 09:15 WIB
Yudha Pratomo,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber Reuters

KOMPAS.com - Snap Inc. selaku pemilik aplikasi chatting Snapchat tak hanya berkutat dalam mengembangkan software. Perusahaan yang didirikan Evan Spiegel ini kembali merilis sebuah kacamata pintar bernama Spectacles 3 yang bisa merekam dan mengunggah video.

Kemampuan pengambilan gambar Spectacles 3 berbeda dengan seri sebelumnya. Melalui kacamata pintar ini pengguna bisa merekam video dan gambar dalam format 3D, lalu membagikannya ke pengguna lain.

Baca juga: Snapchat Siapkan Game, AR, Hingga Konten Baru untuk Saingi Instagram

Selain merekam gambar dalam format 3D, Spectacles 3 juga memungkinkan pengguna untuk menerapkan sejumlah filter menarik pada gambar dan video yang diambil. Spectacles 3 memiliki dua kamera untuk menambah kedalaman dan dimensi pada foto serta video.

Setelah mengunggah konten lewat aplikasi Snapchat, pengguna akan dapat menambahkan serangkaian pemanis gambar seperti efek cahaya, efek tiga dimensi, dan beberapa efek lainnya.

Spectacles 3 hadir dengan dua pilihan warna yakni carbon black dan rose gold. Kacamata pintar ini dibanderol dengan harga 380 dollar AS atau sekitar Rp 5,4 juta. harga tersebut hampir dua kali lipat dibandingkan model sebelumnya.

Baca juga: CEO Snapchat Sebut Instagram Membuat Sedih, Benarkah?

Dirangkum KompasTekno dari Reuters, Kamis (15/8/2019), Snap sendiri dikenal oleh para pengguna sebagai aplikasi yang memanfaatkan fitur Augmented Reality (AR) untuk hiburan. Snap Inc.sendiri saat memiliki empat produk yakni Snapchat, Bitmoji, Zenly dan Spectacles.

Pada kuartal kedua tahun ini, Snap mengatakan jumlah penggunanya kian bertambah bahkan mencapai angka 13 juta pengguna di seluruh dunia. 7 hingga 9 juta di antaranya berasal dari pengguna lensa dengan AR.

Pekan lalu, Snap juga mengatakan akan mengumpulkan hutang sebesar 1,1 miliar dollar AS untuk mendanai investasi lebih lanjut dalam AR. Besar kemungkinan dana tersebut akan digunakan untuk memperbanyak konten serta akuisisi perusahaan lain.

Baca juga: Belum Setahun Menjabat, Bos Snapchat Mengundurkan Diri

Produk kacamata Spectacles ini pertama kali dirilis pada tahun 2016 lalu. Seri Spectacles pertama dibanderol dengan harga 130 dollar AS (Rp 1,9 juta).

Meski sambutan yang diberikan pasar tidak menunjukkan tren yang positif, Snap Inc. kembali merilis seri kedua Spectacles pada tahun 2018 lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com