Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iklan Google Ejek Microsoft Windows seperti Mobil Butut

Kompas.com - 16/08/2019, 07:06 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber TechRadar

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, Microsoft membuat iklan kocak yang seakan menyarankan penontonnya membeli laptop Microsoft Surface ketimbang MacBook. Pemerannya adalah seseorang yang benar-benar bernama "Mac Book".

Nah, kini justru Microsoft yang menjadi korban sindiran dalam sebuah iklan Google yang dibintangi Bill Nye, aktor senior yang terkenal dari program serial TV sains ikonik berjudul Bill Nye the Science Guy.

Baca juga: Saat MacBook Sarankan Beli Microsoft Surface 2

Dalam iklan yang mengajak pengguna laptop untuk beralih ke Chromebook itu, Nye mendatangi sebuah mobil butut dengan pelat nomor bertuliskan "WNDWS". Maksudnya tentu saja mengacu pada Windows.

Sistem operasi besutan Microsoft itu disamakan dengan kondisi sang mobil yang ringsek dan reyot, longgar dimana-mana sehingga mesti ditambal. "Tambalan" di sini merupakan sindiran untuk patch yang memang sering disalurkan ke Windows untuk menutup celah keamanan.

"Kita sudah bersama-sama untuk waktu yang lama," ujar Nye seraya mengelus mobil WNDWS. Seketika itu juga bumper depannya copot, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TechRadar, Jumat (16/8/2019).

Ketika di-starter pun, si mobil butut membutuhkan waktu lama untuk bisa menyala dan rawan mogok tiba-tiba. Ini juga ejekan buat laptop berbasis Windows.

Baca juga: Hadiah Rp 417 Juta Bagi Penemu "Bug" Google Chrome

Google menyisipkan klaim bahwa sifat Chrome OS di laptop Chromebook bertolak belakang dengan Windows, dengan waktu start up gesit, keamanan tinggi, stabil, serta bisa update tanpa mengganggu atau memaksa pengguna.

Iklan berjudul Bill Nye on the Science of Switching to Chromebook ini terbilang jenaka karena Nye selaku pemerannya mengkorelasikan istilah sains dengan masalah-masalah yang terjadi ketika pengguna mempertimbangkan untuk mengganti atau membeli sebuah laptop.

Kendati demikian, namanya iklan, tentu klaim-klaim Google di dalamnya perlu masih perlu dibuktikan sendiri oleh calon pengguna yang berminat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber TechRadar


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com