Peluncuran Huawei Mate X Tertunda Gara-gara Engsel

Kompas.com - 16/08/2019, 15:58 WIB
Layar Huawei Mate X ketika dibentangkan. Yudha Pratomo/KompasTeknoLayar Huawei Mate X ketika dibentangkan.

KOMPAS.com - Publik tampaknya tak akan melihat smartphone Huawei Mate X melenggang ke pasar dalam waktu dekat. Sebab, Huawei kembali memutuskan menunda peluncuran smartphone layar lipat pertamanya itu.

Ini adalah kedua kalinya Huawei menunda peluncuran Mate X, sejak pertama kali diperkenalkan pada awal 2019 ini. Kabarnya, Huawei baru akan merilis Mate X pada November mendatang, molor dua bulan dari jadwal semula yang ditetapkan.

Keputusan tersebut diutarakan Huawei dalam sebuah briefing di China. Dalam sebuah laporan, penyebab penundaan tersebut dikarenakan Huawei tengah melakukan penyempurnaan bagian engsel ponsel.

Bagian engsel ini memang menjadi komponen yang sangat penting dalam mekanisme pelipatan ponsel. Huawei perlu menemukan bahan yang tepat, agar engsel bisa tahan lama dan tidak mengganggu kinerja saat digunakan.

Baca juga: Samsung Galaxy Fold Rilis September, Apa Kabar Huawei Mate X?

KompasTekno pun beberapa bulan lalu sempat mencoba Mate X secara langsung, dan memang kami menemukan sedikit masalah pada bagian engsel di mana pada bagian tersebut layar tidak bekerja dengan responsif dan terlihat ringkih.

Perusahaan pun kabarnya telah mencoba menggunakan bahan aliuminium ketimbang baja untuk membuat perangkat jadi lebih ringan. Akan tetapi, bahan tersebut justru tidak cukup kuat untuk digunakan dalam waktu yang lebih lama.

Dikutip KompasTekno dari The Next Web, Jumat (16/8/2019), tak hanya Huawei, Samsung juga sejatinya mengalami masalah dalam urusan daya tahan komponen engsel smartphone lipat ini.

Selain itu, meski menunda peluncuran Mate X, Huawei mengaku bahwa perusahaan saat ini tengah mengembangkan ponsel penerus Mate X dengan jumlah layar yang lebih banyak. Kendati demikian, Huawei tak merinci seperti apa ponsel penerus dari Mate X ini nantinya.

Baca juga: Samsung Mengaku Memaksakan Peluncuran Galaxy Fold

Ponsel layar lipat Huawei Mate X sendiri mulanya dijadwalkan akan dirilis pada Juni 2019, kemudian Huawei memundurkan jadwal tersebut hingga September.

Kala itu, Huawei mengatakan bahwa penundaan tersebut disebabkan Huawei tak ingin nasib ponsel layar lipat miliknya seperti Samsung.

Juru bicara tersebut mengatakan bahwa Huawei menjadi lebih waspada soal potensi masalah yang bisa terjadi, setelah Samsung Galaxy Fold dilaporkan bermasalah ketika dicoba oleh sejumlah reviewer pada April lalu.

Baca juga: Smartphone Layar Lipat Diprediksi Sulit Laku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X