CEO Apple Datangi Trump, Keluhkan Tarif AS Menguntungkan Samsung

Kompas.com - 19/08/2019, 21:32 WIB
CEO Apple, Tim Cook, dan Presiden AS, Donald Trump saat bertemu di ajang American Workforce Policy Advisory Board Meeting pada 6 Maret 2019. ReutersCEO Apple, Tim Cook, dan Presiden AS, Donald Trump saat bertemu di ajang American Workforce Policy Advisory Board Meeting pada 6 Maret 2019.
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com -  CEO Apple Tim Cook mendatangi Presiden AS Donald Trump dalam acara makan malam, Jumat pekan lalu. Dia mengadu bahwa rencana pemerintah AS mengenakan tarif tambahan ke impor produk Apple dari China bakal menguntungkan rivalnya, Samsung.

Apple memang merupakan salah satu pihak yang terjepit di tengah perang dagang antara AS dan China. Administrasi Trump berencana mengenakan tarif impor tambahan 10 persen terhadap barang-barang impor dari China yang nilai totalnya mencapai 300 miliar dollar AS.

Baca juga: Trump Berencana Kenakan Pajak, Harga iPhone Terancam Makin Mahal

Tarif tambahan ini bakal diberlakukan mulai 1 September mendatang. Produk-produk Apple yang sebagian besar dibikin di China ikut kena imbasnya sehingga bisa makin mahal, termasuk iPhone, MacBook, dan berbagai pernak-pernik macam Apple Watch dan AirPods.

Sementara itu, Korea Selatan telah meneken kesepakatan dagang dengan AS pada September tahun lalu. Produk Samsung pun bisa melenggang masuk ke AS tanpa tersandung tambahan tarif impor seperti Apple.

"Saya pikir dia (Cook) melontarkan argumen yang meyakinkan," ujar Trump mengenai uneg-uneg yang disampaikan Cook soal tarif terhadap Apple. "Jadi, sedang saya pertimbangkan," lanjutnya, seperti dirangkum KompasTekno dari Reuters, Senin (19/8/2019).

Baca juga: Perakitan Apple Mac Pro Dilaporkan Akan Pindah dari AS ke China

Sebagian produk Apple seperti iPhone dan MacBook baru akan dikenakan tambahan tarif impor 10 persen pada 15 Desember mendatang, supaya tak mengganggu harga pasar menjelang momen liburan akhir tahun.

Berarti ada kemungkinan lini ponsel iPhone 11 yang kabarnya akan dirilis September mendatang akan lolos dari tarif impor tambahan.

Meski demikian, sebagian produk lain seperti AirPods, Apple Watch, dan HomePod akan lebih dulu dikenai tarif pada 1 September 2019.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Reuters
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X