Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Realme 5 dan Realme 5 Pro Meluncur dengan Empat Kamera Belakang

Kompas.com - 21/08/2019, 09:17 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Realme resmi meluncurkan Realme 5 dan Realme 5 Pro di India. Keduanya digadang menjadi penerus Realme 3 dan Realme 3 Pro. Duo ponsel anyar ini membawa sejumlah peningkatan dibanding pendahulunya.

Paling kentara terletak di modul kamera belakang yang kini dibekali empat kamera atau quad-camera. Lalau bagaimana dengan spesifikasi lain kedua ponsel?

Realme 5 Pro

Dimulai dari modul kamera, Realme 5 Pro, kamera belakang terdiri dari kamera utama 48 megapiksel sengan sensor Sony IMX586, kamera 8 megapiksel ultra wide dengan bidang pandang 119 derajat, lensa makro 2 megapiksel dan depth sensor 2 megapiksel.

Beberapa fitur kamera yang dibekalkan adalah Nightscape, Crhomaboost, dan HDR. Kamera depannya beresolusi 16 megapiksel yang didukung oleh fitur HDR dan AI beautification.

Baca juga: Realme Siapkan Pengganti Antarmuka ColorOS Oppo

Modul kamera depan tertumpu pada "notch" kecil yang menjorok di tengah sudut layar atau diistilahkan dengan desain minidrop. Berbicara soal layar, Realme 5 Pro memiliki bentang layar 6,3 inci dengan panel FHD yang dilapisi pelindung Gorilla Glass 3.

Punggung dengan motif kristal dihiasi panel pemindai sidik jari dan didukung pula oleh face unlock sebagai sistem keamanan. Chipset Snapdragon 712 ditanamkan di jantung perangkat dengan memori RAM hingga 8 GB, dan internal 128 GB, microSD hingga 256 GB.

Baterainya berkapasitas 4.035 mAh yang didukung pengisi daya cepat VOOC 3.0 dengan arus 20W. Untuk software, Realme 5 Pro menjalankan Android 9 Pie yang dilapisi antarmuka ColorOS 6.

Realme 5 pro mulai dijual seharga 13.999 rupee (Rp 2,8 juta) untuk RAM 4GB/64 GB. Sementara model RAM 6 GB/64 GB dijual dengan harga 14.999 (Rp 2,9 juta) rupee dan model RAM 8 GB/128 GB dijual dengan harga 16.999 rupee (Rp 3,3 juta).

Untuk warna yang tersedia adalah Crystal Blue dan Cyrstal Purple.

Realme 5

Spesifikasi Realme 5 tentu sedikit lebih rendah dibanding versi "Pro". Dari sektor kamera, perbedaannya terletak di kamera utama yang memiliki resolusi 12 megapiksel berbukaan lensa f/1.8, sementara konfigurasi lainnya masih sama.

Baik Realme 5 dan Realme 5 Pro sama-sama dibekali stabilizer EIS untuk mendukung perekaman video. Untuk kamera depannya memiliki resolusi 13 megapiksel yang juga didukung fitur HDR dan AI beautification.

Baca juga: Harga Nyaris Sama, Ini Bedanya Realme X dan Realme 3 Pro

Layar Realme 5 lebih besar ketimbang versi "Pro" yakni 6,5 inci dengan resolusi HD Plus. Desainnya masih saa menggunakan minidrop dengan "notch" kecil sebagai wadah kamera depan. Realme 5 turut dilindungi Gorilla Glass di bagian muka.

Sama seperti Realme 5 Pro, Realme 5 juga memiliki panel pemindai sidik jari di bagian punggung yang ditemani face unlock sebagai sistem keamanan. Untuk dapur pacunya, Realme 5 ditenagai Snapdragon 665 AIE dengan fabrikasi 11nm.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com