Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Diam-diam Selipkan Nama Baru WhatsApp

Kompas.com - 21/08/2019, 11:49 WIB
Yudha Pratomo,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber digit.in

KOMPAS.com - Belum lama ini Facebook diketahui berencana mengganti nama dua aplikasi besar miliknya yakni WhatsApp dan Instagram. Kini rencana tersebut tampaknya mulai direalisasikan.

Facebook diketahui secara diam-diam telah mulai menyisipkan nama baru pada aplikasi WhatsApp miliknya. Nama tersebut dapat ditemukan pada WhatsApp beta versi 2.19.228.

Jika pengguna mengunduh dan menginstall WhatsApp versi tersebut, pengguna akan dapat menemukan tulisan "WhatsApp from Facebook" pada bagian bawah halaman "help" ketika aplikasi digunakan.

Tulisan tersebut tak lain adalah nama baru yang bakal diberikan Facebook kepada WhatsApp. Begitu pula dengan Instagram, nama aplikasi juga ini akan diberi embel-embel serupa yaitu "from Facebook".

Baca juga: Facebook Bakal Ganti Nama WhatsApp dan Instagram

Meski demikian, tulisan tersebut tidak memiliki fungsi lain selain untuk menunjukkan kepemilikan Facebook pada WhatsApp. Ketika tulisan pada WhatsApp beta tersebut disentuh, tidak ada efek apapun yang terjadi.

Dikutip KompasTekno dari Digit.in, Rabu (21/8/2019), pemberian nama tersebut memang ditujukan Facebook untuk menegaskan kepemilikannya pada WhatsApp dan Instagram. Memang, meski kedua platfrom tersebut

"Kami ingin memperjelas produk dan layanan yang merupakan bagian dari Facebook," kata juru bicara Facebook beberapa waktu lalu.

Baca juga: Layanan Dompet Digital WhatsApp Dikabarkan Segera Hadir di Indonesia

Kendati demikian, menurut sumber terdekat, nama WhatsApp dan Instagram yang muncul pada perangkat pengguna akan tetap sama seperti sebelumnya, tanpa penambahan "from Facebook" sebagai nama belakang.

Nama dengan embel-embel "from Facebook" itu hanya akan ditemukan ketika pengguna akan mengunduh WhatsApp dan Instagram dari toko aplikasi masing-masing platform (Android dan iOS).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber digit.in


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com