Huawei dan MediaTek Bersama Bikin Ponsel 5G Murah?

Kompas.com - 22/08/2019, 07:35 WIB
Ilustrasi chipset 5G MediaTek terbaru GSMArenaIlustrasi chipset 5G MediaTek terbaru
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Ponsel 5G yang ada saat ini kebanyakan merupakan perangkat high-end berharga mahal. Ke depan, sudah ada gelagat teknologi 5G akan ikut merambah smartphone kelas bawah berharga murah.

Huawei dan MediaTek, misalnya, belakangan dikabarkan bekerjasama untuk mewujudkan ponsel 5G low-end. Ponsel dibuat oleh Huawei, sementara dapur pacunya menggunakan system-on-chip ( SoC) 5G besutan MediaTek. 

Seorang sumber internal di industri terkait mengatakan CEO MediaTek, Rick Tsai, telah bertemu dengan pabrikan semikonduktor TSMC untuk membicarakan kontrak permintaan SoC untuk ponsel Huawei tersebut.

Baca juga: Huawei, Oppo, dan Xiaomi Serentak Jual Ponsel 5G Pertama di Swiss

SoC 5G MediaTek memiliki modem 5G Helio M70 terintegrasi dan akan dibuat dengan proses fabrikasi 7nm sehingga irit daya. 

Chip ini diyakini memiliki nomor model MT6885, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Digital Trends, Kamis (22/8/2019).

Selain modem 5G Helio M70, SoC MediaTek tersebut disinyalir juga memiliki CPU Cortex-A77 dan GPU Mali-77. Dukungan jaringan 5G yang dimiliki termasuk pita frekuensi Sub-6 GHz.

Baca juga: Chip Baru MediaTek Dibekali Modem 5G Helio M70 Terintegrasi

Ketika mengumumkan SoC 5G besutannya ini beberapa waktu lalu, MediaTek mengatakan bakal mengirim sample ke para pabrikan smartphone pada akhir 2019.

Produk-produk ponsel pertama yang menggunakan chip 5G MediaTek diperkirakan akan mulai hadir pada kuartal pertama 2020 mendatang. 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber GizChina
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X