Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Huawei dan MediaTek Bersama Bikin Ponsel 5G Murah?

Kompas.com - 22/08/2019, 07:35 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber GizChina

KOMPAS.com - Ponsel 5G yang ada saat ini kebanyakan merupakan perangkat high-end berharga mahal. Ke depan, sudah ada gelagat teknologi 5G akan ikut merambah smartphone kelas bawah berharga murah.

Huawei dan MediaTek, misalnya, belakangan dikabarkan bekerjasama untuk mewujudkan ponsel 5G low-end. Ponsel dibuat oleh Huawei, sementara dapur pacunya menggunakan system-on-chip (SoC) 5G besutan MediaTek. 

Seorang sumber internal di industri terkait mengatakan CEO MediaTek, Rick Tsai, telah bertemu dengan pabrikan semikonduktor TSMC untuk membicarakan kontrak permintaan SoC untuk ponsel Huawei tersebut.

Baca juga: Huawei, Oppo, dan Xiaomi Serentak Jual Ponsel 5G Pertama di Swiss

SoC 5G MediaTek memiliki modem 5G Helio M70 terintegrasi dan akan dibuat dengan proses fabrikasi 7nm sehingga irit daya. 

Chip ini diyakini memiliki nomor model MT6885, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Digital Trends, Kamis (22/8/2019).

Selain modem 5G Helio M70, SoC MediaTek tersebut disinyalir juga memiliki CPU Cortex-A77 dan GPU Mali-77. Dukungan jaringan 5G yang dimiliki termasuk pita frekuensi Sub-6 GHz.

Baca juga: Chip Baru MediaTek Dibekali Modem 5G Helio M70 Terintegrasi

Ketika mengumumkan SoC 5G besutannya ini beberapa waktu lalu, MediaTek mengatakan bakal mengirim sample ke para pabrikan smartphone pada akhir 2019.

Produk-produk ponsel pertama yang menggunakan chip 5G MediaTek diperkirakan akan mulai hadir pada kuartal pertama 2020 mendatang. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GizChina


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com