Inikah Wujud Asli Konsol Game PS5?

Kompas.com - 22/08/2019, 11:42 WIB
Ilustrasi paten Sony yang diduga sebagai PlayStation 5 LetsGoDigitalIlustrasi paten Sony yang diduga sebagai PlayStation 5
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Konsol game generasi penerus PlayStation 4 (PS4) terus dinanti kehadirannya oleh penggemar game dan fans Sony.

Sejumlah bocoran spesikasi dan fitur telah mulai berguilir. Yang terbaru, bocoran gambar yang dikuak oleh situs pembocor gadget, LetsGoDigital, mengungkap wujud konsol game PlayStation 5 (PS5). 

Gambar-gambar ini tertuang di dalam dokumen paten yang diajukan oleh Sony Interactive Entertainment kepada kantor paten Brazil (INPI) tanggal 25 Mei silam, kemudian baru dirilis oleh kantor paten Dunia (WIPO) pada 13 Agustus lalu.

Sebenarnya dokumen tersebut tidak mencantumkan nama PlayStation 5 (PS5) secara gamblang.

Namun, jika dilihat secara seksama, perangkat elektronik ini mengusung desain "V" yang tampak pada bagian atas perangkat.

Nah, huruf "V" di perangkat ini diyakini sebagai bilangan romawi dari angka 5, sehingga beberapa spekulasi menyebutkan perangkat ini memang benar wujud asli dari PS5.

Dari gambar tersebut juga bisa dilihat bahwa jumlah ventilasi udara di bagian kiri dan kanan, perangkat hasil desainer Yusuhiro Ootori itu, masing-masing ada lima celah.

Ilustrasi paten Sony yang diduga sebagai PlayStation 5 dari segala sisi.LetsGoDigital Ilustrasi paten Sony yang diduga sebagai PlayStation 5 dari segala sisi.

Selain itu, tampak ada lima titik yang diyakini sebagai lampu indikator LED, beserta sejumlah port USB yang jumlahnya lebih banyak dari port USB di PS4, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TrustedReviews, Rabu (21/8/2019).

Ada pula tombol power di atas rangkaian USB port dan sebuah laci yang disinyalir berfungsi untuk memasukkan cakram game.

Kendati begitu, belum bisa dipastikan apakah desain ini merupakan wujud asli PS5 atau hanya sekadar pengajuan hak paten.

Ada kemungkinan perangkat ini merupakan konsol game yang sudah didapatkan dan kemudian diuji coba oleh para pengembang game (PS5 Development Kit).

Sayangnya, pihak Sony masih menutup informasi terkait rupa generasi penerus PS4 dan nama resmi konsol game tersebut. 

Baca juga: Sony Ungkap Spesifikasi PS5, Bisa 8K dan Mainkan Game PS4

Namun, beberapa waktu lalu, mereka sempat mengonfirmasi sejumlah fitur andalan dari konsol penerus PS4 itu. Konsol game penerus PS4 ini bakal dibekali dengan pengolah grafis seri Radeon Navi dan bisa menampilkan game dengan lancar di resolusi 8K.

Konsol game ini diduga kuat akan meluncur di tahun 2020, namun terlebih dahulu dipamerkan di ajang pameran game tahunan E3 2020 pada Juni mendatang. Kita tunggu saja.

Baca juga: Bocoran Harga PlayStation 5 Beredar, Berapa Angkanya?

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X