Samsung Klaim Masih Nomor Satu di Indonesia, Ini Kata Oppo

Kompas.com - 22/08/2019, 18:37 WIB
PR Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto (kanan) dalam acara peluncuran aplikasi Oppo Service di Jakarta, Kamis (22/8/2019). KOMPAS.com/ BILL CLINTENPR Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto (kanan) dalam acara peluncuran aplikasi Oppo Service di Jakarta, Kamis (22/8/2019).
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengutip laporan firma riset Canalys, Oppo mengklaim sudah berhasil menggeser Samsung dari posisi teratas pasaran smartphone Indonesia pada kuartal kedua 2019.

Canalys menyebutkan Oppo memiliki pangsa 26 persen di pasaran smartphone Indonesia dalam periode tersebut, lebih tinggi dari Samsung yang mencatat 24 persen.

Baca juga: Salip Samsung, Oppo Jadi Pabrikan Smartphone Nomor Satu di Indonesia

Namun, klaim itu dibantah oleh Samsung yang menyebut diri masih berada di posisi pertama berdasarkan laporan lembaga riset lain, GfK. Pihak Oppo balik mempertanyakan kesahihan pernyataan Samsung.

"Data publiknya ada tidak? Harus ada data publik. Publik harus bisa lihat," kata PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto, kepada KompasTekno saat dijumpai di sela peluncuran aplikasi Oppo Service di Jakarta, Kamis (22/8/2019).

Data firma riset GfK memang hanya diberikan ke perusahaan klien. Sementara, Canalys yang dijadikan landasan klaim Oppo menyediakan data yang bisa dilihat semua orang.

Meski demikian, data firma riset memang bisa berbeda-beda, tergantung metode pengukuran yang digunakan.

Canalys, misalnya, memakai variabel pengapalan (shipment) untuk menakar pangsa pasar. Sementara, menurut Samsung, GfK melihat jumlah pembelian di toko yang sampai ke tangan konsumen. Aryo pun memaklumi perbedaan tersebut.

Baca juga: Disebut Kalah dari Oppo di Indonesia, Begini Tanggapan Samsung

"Masing-masing punya strategi sendiri-sendiri. Tapi yang jelas, kami bisa lihat dari situ bahwa persentase Oppo bisa lebih besar," katanya.

Perlu ditambahkan bahwa laporan Canalys berbeda dari lembaga riset lain, Counterpoint, yang masin menempatkan Samsung di posisi teratas di Indonesia untuk kuartal kedua 2019.

Sementara itu, menurut Canalys, Oppo sudah mengungguli Samsung di Indonesia dan Filipina. Samsung disebut masih meraja di Vietnam, Malaysia, dan Thailand.

Untuk lebih jauh meningkatkan pasar Oppo di Indonesia, Aryo mengatakan pihaknya masih akan merilis ponsel baru. “Setahun 8 ponsel saja,” katanya.

Sejauh ini Oppo sudah meluncurkan 7 model ponsel dari 4 seri di Indonesia, yakni Oppo A2s, A1k, F11, F11 Pro, Reno, Reno 10x Zoom Edition, dan K3.

Berarti masih akan ada satu ponsel lagi yang dihadirkan, tapi Aryo tak mau menyebutkan model apa persisnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X