Google Rombak Tampilan Toko Aplikasi Play Store

Kompas.com - 23/08/2019, 11:02 WIB
Google Play Store Shutterstock.comGoogle Play Store
|

KOMPAS.com - Google akhirnya meresmikan desain serta tampilan baru untuk toko aplikasi Google Play Store pada smartphone Android. Tampilan yang diusung kini terlihat lebih ringkas, ringan, dan segar.

Tampilan dengan sebutan "material design" ini juga disebut membawa navigasi baru yang mempermudah pengguna. Tampilan ini resmi diumumkan setelah sejumlah perbaikan dirilis secara luas pada minggu lalu.

Perombakan ini dilakukan Google dengan tujuan membuat tampilan Play Store agar terlihat lebih bersih dan premium. Selain itu dengan tampilan ini, pengguna juga diharapkan dapat lebih cepat menemukan aplikasi yang dibutuhkan.

Pada tampilan baru ini, Google memindahkan pusat navigasi ke bagian bawah, mirip dengan App Store pada iOS.

Dari pantauan KompasTekno, di sana ada sebanyak empat kategori yang disediakan Google yakni games, apps, movies, dan books. Sementara kategori "musik" yang sebelumnya hadir kini dihapus Google dari bilah navigasi.

Sementara pengguna tablet dan laptop dengan sistem operasi Chrome OS dapat menemukan navigasi tersebut pada bagian kiri layar.

Baca juga: 13 Game Balap di Play Store Ini Terinfeksi Malware

Dikutip dari 9tp5google, Jumat (23/8/2019), Google sengaja memisahkan kategori game dan aplikasi agar pengguna bisa menemukan konten yang tepat.

Kemudian ketika pengguna menemukan aplikasi yang diinginkan, tampilan baru dari Google Play Store ini akan memperlihatkan layout yang sedikit berubah dari biasanya.

Play Store akan memunculkan lebih banyak informasi dari aplikasi yang dipilih di bagian atas dan tombol "install" pun dibuat dengan lebih jelas serta terlihat lebih menonjol. Pengguna juga bakal melihat sistem ikon baru dengan bentuk yang lebih seragam.

Tampilan baru ini sudah mulai disebarkan sejak Jumat pekan lalu dan diharapkan akan tersebar secara merata ke seluruh pengguna hingga pada akhir minggu ini.

Baca juga: Go-Pay Resmi Jadi Alat Pembayaran Google Play Store

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber 9To5Google
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.